Olahan Daging Sapi dan Kambing

Olah Daging Sisa Jadi Lauk Kering Ini Agar Tahan Lama!

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Jumat, 25 Sep 2015 18:48 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Punya sisa daging dari Idul Adha kemarin? Daging bisa diolah menjadi lauk kering. Selain enak juga tahan lama!

Jika sedang punya banyak stok daging bisa Anda olah menjadi lauk kering. Seperti lauk kering yang enak ini.

1. Rendang



Hidangan ini selalu jadi kesukaan orang Indonesia. Selain enak rendang bisa tahan lebih dari satu minggu bila diolah dengan benar. Walau memasak rendang membutuhkan waktu yang lama, cara ini bisa menghemat pengeluaran. Jika ingin tahu bagaimana membuat rendang, lihat di sini resepnya.

2. Krengsengan



Krengsengan bisa diolah dari daging kambing atau daging sapi. Makanan khas Surabaya ini mengandung petis yang membuatnya semakin gurih enak. Biasanya, daging dipotong kecil-kecil baru dimbumbui. Memasaknya tidak susah, cukup intip resepnya di sini.

3. Empal gepuk



Empal gepuk adalah daging kering yang tipis. Enak dijadikan bekal atau makan siang bersama keluarga. Disajikan hangat-hangat, empal kering ini mantap bila dinikmati bersama keluarga. Ingin membuatnya? Anda bisa mencoba resep detikFood di sini.

4. Dendeng



Jika gepuk adalah irisan ikan, dendeng juga berupa irisan daging. Namun, yang membedakannya adalah dendeng lebih kering dan lebih tipis dari gepuk. Teksturnya pun lebih liat dari gepuk. Namun, rasa keduanya sama-sama enak. Mengolah dendeng juga memerlukan teknik khusus. Sedangkan, Indonesia punya bermacam-macam dendeng, ada dendeng baraciak hingga dendeng batoko.

5. Karmanaci



Ingin yang lebih praktis? Buat saja karmanaci. Olahan daging ini hampir sama seperti abon, namun rasa dagingnya lebih gurih. Olahan daging dari Timor ini hanya membutuhkan daging, bawang, lada, ketumbar, dan jeruk nipis. Hebatnya lagi, karmanaci bisa disimpan karena tahan lama. Yuk, buat karmanaci!

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com