Bekal Sekolah Sehat

Selain Roti dan Nasi, Buat Bekal dari 6 Sumber Karbohidrat Enak Ini

Maya Safira - detikFood Rabu, 20 Jul 2016 18:17 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Bekal Sekolah Sehat
Jakarta - Selama ini roti dan nasi jadi pilihan banyak ibu untuk bekal sekolah anak. Padahal banyak sumber karbohidrat lain yang tak kalah enak untuk bekal.

Ada beragam jenis karbohidrat yang bisa jadi menu bekal. Supaya si kecil tak bosan, perlu membuat menu dengan karbohidrat berbeda. Mialnya mie, umbi-umbian atau pasta. Alternatif ini bisa jadi pilihan selain roti dan nasi yang membuat anak lebih berenergi menjalani aktivitas.

1. Kentang



Kentang baik dalam menyediakan energi bagi si kecil. Ditambah lagi kentang termasuk jenis karbohidrat yang cukup disukai anak. Salah satunya karena tekstur kentang yang lembut.

Kebanyakan anak-anak suka kentang goreng. Namun supaya lebih bervariasi, Anda bisa membuat kreasi kentang lainnya. Misalnya Omelet Kentang, Kentang Panggang, Kentang Lumat, Kentang Keju Brokoli atau Orak Arik Kentang.

2. Pasta



Pasta terbuat dari tepung terigu dan telur. Bahan makanan berkarbohidrat ini mudah diolah menjadi berbagai sajian yang disukai anak. Seperti spaghetti bersaus bolognaise. Anda bisa mencoba resep pasta Neapolitan, Macaroni Cheese, Spaghetti Pie, Macaroni Sausage atau Fettucine Saus Jamur.

3. Ubi



Ubi mungkin jarang dijadikan bekal anak. Padahal makanan ini kaya karbohidrat kompleks, tinggi serat, baik untuk kekebalan dan pencernaan si kecil. Ubi punya rasa manis dan tekstur lembut. Bekal menu dari ubi bisa berupa Ubi Daging Cincang, Ayam Tumis Ubi, atau Omelet Ubi Daging.

4. Mie



Mie telur terbuat dari campuran tepung terigu, air dan telur. Bahan ini termasuk makanan favorit anak. Apalagi sajian mie goreng dengan tambahan telur, bakso dan sosis. Tapi mie juga enak diolah jadi berbagai hidangan lain. Antara lain Mie Ikan Sayur, Omelet Mie, dan Kroket Mie.

5. Singkong



Singkong memiliki kandungan karbohidrat dua kali lebih besar dari kentang. Selain itu singkong juga punya kandungan vitamin C dan karbohidrat tinggi. Anda bisa mengolahnya dengan menarik supaya anak tertarik mengonsumsi singkong. Bisa membuatnya jadi Schotel Singkong Keju atau camilan Singkong Isi Gula Aren.

6. Bihun



Bihun merupakan jenis karbohidrat yang terbuat dari tepung beras. Selain mie telur, bihun bisa jadi alternatif bekal anak. Coba saja resep Omelet Bihun, Bakwan Bihun, Bihun Goreng atau Kebab Bihun. (msa/odi)
FOKUS BERITA Bekal Sekolah Sehat