Nasi Bebek Mak Isa Habiskan 400 Ekor Bebek Per Hari

Devi Setya - detikFood Minggu, 20 Jun 2021 13:00 WIB
Kisah Mak Isa Sukses Jualan Nasi Bebek Madura Bumbu Hitam di Jakarta Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Nasi bebek Mak Isa punya ribuan penggemar, buktinya setiap hari habiskan 300-400 ekor bebek. Tak heran kalau omzet hariannya bisa mencapai puluhan juta. Mantap!

Selama lebih dari 20 tahun, Mak Isa berkutat meracik nasi bebek. Suka duka pernah dirasakannya, termasuk saat dahulu hanya bisa menjual satu ekor bebek per hari. Kini ia menuai hasil dari kerja kerasnya, dalam sehari ada ratusan ekor bebek yang diolah dengan bumbu pedas khas Madura.

Kepada detikFood (17/6) Mak Isa mengatakan ia dibantu empat orang suplier untuk memenuhi kebutuhan bebek yang akan diolahnya. Dalam sehari, Mak Isa membutuhkan 300-400 ekor bebek. Jumlah ini akan meningkat saat ada banyak pesanan nasi box.

Kisah Mak Isa Sukses Jualan Nasi Bebek Madura Bumbu Hitam di JakartaKisah Mak Isa Sukses Jualan Nasi Bebek Madura Bumbu Hitam di Jakarta Foto: detikFood/Devi S. Lestari

"Kalau hari biasa 300an. Kalau lagi ramai bisa sampai 400an (bebek). Nanti satu ekor dipotong 8. Wah nggak keitung jadinya berapa piring," kata Mak Isa.

Dari ratusan ekor bebek yang diolahnya ini, Mak Isa tidak menyebutkan jumlah pasti omzet yang didapat. Tapi ia mengatakan jumlahnya mencapai dua digit angka alias puluhan juta. Jumlah ini belum dibagi lagi untuk modal berikutnya dan biaya operasional.

Saat pandemi corona, Mak Isa ikut merasakan dampaknya namun tidak terlalu signifikan. Keuntungannya menurun sedikit karena pengunjung yang makan di tempat jadi dibatasi.

"Pas corona ini menurun sedikit. Biasanya orang pada makan ke sini, kemarin itu corona, orang jadi pesan pakai gojek. Banyakan yang bungkus juga. Orang juga belinya sedikit-sedikit, karena kantoran pada libur," beber Mak Isa.

Apa yang membuat nasi bebek Mak Isa begitu disukai? Simak halaman selanjutnya.

Rahasia kelezatan bebek racikan Mak Isa

Kisah Mak Isa Sukses Jualan Nasi Bebek Madura Bumbu Hitam di JakartaKisah Mak Isa Sukses Jualan Nasi Bebek Madura Bumbu Hitam di Jakarta Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Mak Isa sangat tegas dalam menjaga kualitas rasa bebek maupun bumbunya. Ia tak akan mengubah resep sedikitpun meskipun harga bebek atau bumbu sedang naik drastis.

Misalnya saat harga cabai melonjak tajam, Mak Isa sama sekali tak mengurangi takaran cabai pada bumbunya. Ia lebih merelakan keuntungannya berkurang sedikit dibandingkan harus mengurangi kualitas rasa.

"Orang-orang sudah kenal saya, saya nggak mau kurangin bumbu. Kalau rasa berubah, nanti langganan saya kecewa," kata wanita yang sudah pergi haji dari usaha nasi bebeknya ini.

Ia juga sangat menjaga kualitas bahan bakunya mulai dari bebek maupun bumbunya. Mak Isa tak mau menggunakan bebek beku, ia selalu memastikan bebeknya dalam keadaan sehat, segar dan berukuran besar.

"Anak cucu saya juga makan ini (nasi bebek), nggak mungkin saya tega kasih bahan yang jelek. Di sini saya pilih bebek yang besar, yang sehat. Bumbu juga, kita bersihin sendiri, kupas sendiri, cuci sampai bersih. Saya nggak mau pakai bumbu giling, kan nggak tau mereka bahan bakunya gimana," lanjut Mak Isa.

Langganan artis


Warung nasi bebek Mak Isa beberapa kali pernah disambangi artis. Salah satu langganannya adalah Almarhum Olga Saputra dan adiknya, Billy.

Beberapa artis juga pernah makan di warung ini namun Mak Isa sungkan untuk meminta foto bersama. "Ada artis-artis, tapi saya nggak tau ya namanya. Banyakan yang belinya nitip. Ada yang beli bilang katanya buat Raffi Ahmad, saya bilang aja suruh ke sini Raffinya, makan di warung saya," beber Mak Isa sambil tertawa.



Simak Video "Awalnya Gerobakan, Nasi Bebek Mak Isa Jual 300 Ekor Bebek Per Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com