Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Juaranya Nasi Balap di Lombok Sejak 1970

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 08 Jan 2022 13:13 WIB
Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Lombok. Foto: Rachman_punyaFOTO

Proses Masak Tradisional

Nasi Balap Puyung Inaq Esun Juaranya di LombokProses Masak Nasi Balap dan Lauknya yang Masih Tradisional Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Dari dulu sampai sekarang, nasi balap Puyung Inaq Esun ini disajikan dengan cara tradisional. Mulai dari nasi hingga lauk yang disajikan melalui proses tradisional menggunakan tungku kayu bakar.

Kami melihat langsung proses memasak di dapur Nasi Balap Puyung Inaq Esun itu. Ada olahan cabe rawit merah utuh di atas wajan yang melimpah. Olahan cabe itu nantinya digunakan sebagai campuran bumbu plecing ayam.

Saat bertemu dengan Sarifah, beliau sedang melipat daun pisang untuk membungkus nasi balap Puyung. Daun pisang ini juga bisa menambahkan cita rasa dari nasi balap Puyung.

Cita Rasa Pedas Menyengat yang Nikmat

Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Lombok.Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Lombok. Foto: Rachman_punyaFOTO

Seporsi nasi balap Puyung di sini masih terjangkau harganya. Hanya dengan Rp 20.000 kamu sudah bisa puas menikmati seporsi nasi balap Puyung. Seporsinya juga komplet, berisikan plecing ayam (ayam dengan bumbu merah), kriuk ayam, serta kacang kedelai goreng.

Saat memesan akan ditanyakan tingkat kepedasan yang ingin dinikmati. Kalau kamu memesan pedas, akan diberikan siraman sambal dari bumbu ayam yang melimpah.

Suapan pertama, rasa pedas menggigit lidah langsung terasa. Untuk plecing ayamnya selain terasa pedas yang menyengat juga ada sensasi gurih.

Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Lombok.Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Lombok. Foto: Rachman_punyaFOTO

Paling nikmat disantap bersama kriuk ayamnya yang gurih renyah. Tekstur renyah juga didapatkan dari kacang kedelai goreng yang memberikan sensasi unik pada cita rasanya.

Dalam sehari, omzet dari Nasi Balap Puyung Inaq Esun ini mencapai angka Rp 10 juta. Tak heran omzetnya fantastis, karena Nasi Balap Puyung Inaq Esun sangat populer di Lombok.

Baca Juga: Haru! Anak Traktir Makan Orangtua Ayam KFC yang Dulu Tak Mampu Dibelinya

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Review Nasi Balap Khas Lombok dan Sate Rembiga"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com