ADVERTISEMENT

Meski Melezatkan, 5 Bumbu Masakan Ini Haram Dikonsumsi Umat Muslim

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 06 Jan 2022 14:30 WIB
Meski Melezatkan, 5 Bumbu Masakan Ini Haram Dikonsumsi Umat Muslim
Foto: Situs Belanja Online
Jakarta -

Belakangan ini ramai soal sertifikasi halal sebuah tempat makan AYCE. Tanpa disadari, banyak restoran yang menggunakan bumbu dapur haram pada masakannya.

Hati-hati saat memilih membeli makanan di luar. Pastikan restoran atau makanan itu sendiri memiliki sertifikasi halal dari MUI. Pasalnya banyak restoran yang menjual makanan halal tetapi ternyata makanan itu diracik dengan bumbu yang haram.

Bumbu masakan haram maksudnya adalah bumbu yang di dalamnya mengandung alkohol dan mengandung babi. Seperti yang dikeluhkan oleh pengguna Instagram @anggiyusriani baru baru ini.

Lewat unggahan nya, ia mengungkap bahwa restoran Jepang berkonsep all you can eat menggunakan sake untuk meracik menu makanan di sana. Selain sake, ada beberapa bumbu dan hal lainnya yang sering digunakan oleh restorannya lainnya.

Berikut lima bumbu masakan yang haram untuk dipakai bagi umat muslim:

1. Angciu

Meski Melezatkan, 5 Bumbu Masakan Ini Haram Dikonsumsi Umat MuslimMeski Melezatkan, 5 Bumbu Masakan Ini Haram Dikonsumsi Umat Muslim Foto: Situs Belanja Online

Angciu banyak digunakan Pada masakan masakan Chinese. Bahkan tak sedikit penjual nasi goreng gerobak akan pun ada yang menggunakan angciu.

Penggunaan angciu pada masakan disebut sebut dapat membuat rasa masakan menjadi lezat dan beraroma. Namun belum banyak yang tahu bahwa angciu haram dikonsumsi umat muslim.

Angciu adalah arak masak atau arak China yang terbuat dari beras yang melewati proses fermentasi sehingga mengandung alkohol. Angciu berbentuk cairan dengan warna kemerahan.

Selain itu angciu juga punya cita rasa yang manis. Sebagai alternatif pengganti angciu kamu bisa menggunakan kecap asin yang dicampur dengan air air jeruk limau atau jeruk nipis dan air jahe.

Baca Juga: 8 Istilah Makanan yang Terbuat dari Babi, Perlu Dicermati Muslim

2. Mirin dan Sake

Meski Melezatkan, 5 Bumbu Masakan Ini Haram Dikonsumsi Umat MuslimMeski Melezatkan, 5 Bumbu Masakan Ini Haram Dikonsumsi Umat Muslim Foto: Situs Belanja Online

Mirin dikenal sebagai bumbu dapur untuk masakan Jepang. Salah satu yang populer, mirin banyak digunakan untuk membuat saus teriyaki. Kebanyakan restoran Jepang pun menggunakan mirin.

Namun, mirin haram dikonsumsi umat muslim karena mirin terbuat dari beras yang telah difermentasi sehingga mengandung alkohol. Mirin memiliki cita rasa manis yang lebih dominan

Mirin ini sejenis alkohol khas Jepang sama seperti sake. Hanya saja bedanya kandungan alkohol mirin yang lebih rendah sekitar 14% dari sake.

Mirin berwarna kuning sementara sake berwarna putih bening. Sebagai alternatif penggantinya, kamu bisa menggunakan jus anggur yang dicampur dengan air jeruk lemon.

Saksikan juga: Tangis Rindu Pak Ogah Pada Pak Raden

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT