Resep Kental Manis Cokelat Truffle Cuma dengan 4 Bahan yang Praktis

Erika Dyah Fitriani - detikFood Senin, 02 Agu 2021 08:35 WIB
cokelat truffle Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Kental manis tak hanya bisa dijadikan topping sajian makanan atau minuman saja, tapi juga bisa jadi camilan lezat untuk dinikmati, salah satunya camilan cokelat. Dengan menggunakan kental manis dan beberapa bahan sederhana, kamu bisa bikin camilan Cokelat Truffle yang lezat di rumah.

Tahukah kamu? Kata Truffle dalam bahasa Latin berarti gumpalan. Sesuai namanya, Cokelat Truffle merupakan kreasi cokelat yang berbentuk gumpalan. Uniknya! Nama Truffle ini justru diambil dari nama Jamur Truffle, lho.

Melansir santabarbarachocolate, camilan cokelat ini dinamai seperti nama jamur bukan karena mengandung jamur di dalamnya. Akan tetapi, Cokelat Truffle diberi nama tersebut karena kemiripan bentuknya yang serupa gumpalan Jamur Truffle.

Di balik rasanya yang nikmat dan bentuknya yang unik, camilan cokelat ini ternyata lahir dari sebuah kecelakaan. Dikutip dari The Nibble, ada legenda yang menyebutkan resep Cokelat Truffle dibuat di dapur raksasa kuliner Prancis Auguste Escoffier pada tahun 1920-an.

Saat itu, seorang koki magang yang tengah mencoba membuat krim pastry tak sengaja menuangkan krim panas ke dalam semangkuk potongan cokelat. Saat campuran cokelat dan krim mengeras, ia justru membuat penemuan berupa pasta cokelat yang bisa dibentuk bola bergelombang atau miring dengan tangannya.

Setelah membalurkan kreasi penemuannya tersebut di bubuk kakao, ia kembali dikejutkan dengan kemiripan gumpalan cokelat yang serupa Truffle mewah dari wilayah PĂ©rigord, Prancis dan Piedmont, Italia. Berawal dari hal tersebut, Cokelat Truffle hingga kini dikenal sebagai salah satu camilan cokelat yang digemari.

Cokelat truffle klasik yang ada di pasaran biasanya berbentuk bola ganache yang dibuat dari campuran dark chocolate dengan krim kental. Campuran bahan tersebut kemudian dibentuk bulat-bulan serupa gumpalan lalu dibaluri bubuk kakao atau meses. Akan tetapi kamu juga bisa membuat cokelat truffle sendiri dengan 4 bahan yang ada di rumah, seperti mentega, kental manis, bubuk cokelat, dan meses. Caranya pun mudah, melansir Tasty.co, berikut resep mudah bikin Cokelat Truffle sendiri di rumah pakai kental manis.

cokelat trufflecokelat truffle Foto: Shutterstock/

Bahan-bahan:

  • 1 kaleng Frisian Flag Bendera Kental Manis
  • 2 sendok makan mentega
  • 40 gram bubuk kakao
  • Meses/choco sprinkle untuk hiasan (opsional)


Cara pembuatan:

  • Letakkan panci di atas api sedang-rendah, masukkan mentega dan Frisian Flag Kental Manis ke dalam panci dan biarkan meleleh.
  • Tambahkan bubuk kakao ke dalam lelehan adonan, aduk terus selama 10-15 menit hingga adonan mulai mengental dan tidak lengket di panci.
  • Siapkan piring yang telah dioles mentega.
  • Tuang adonan ke atas piring hingga rata, lalu dinginkan adonan selama kurang lebih 2 jam.
  • Jika sudah matang, kamu bisa buat adonan jadi bentuk bola-bola kecil.
  • Lumuri bola-bola coklat tersebut dengan meses atau bisa juga dengan bubuk kakao yang tersisa. Voila! Choco Truffle buatanmu siap dinikmati.

Itu dia resep Cokelat Truffle ala rumahan yang mudah dibuat dengan resep kunci kental manis. Kamu bisa gunakan Frisian Flag Kental Manis untuk bikin camilan cokelat yang nikmat ini.

Jangan lupa juga untuk memilih kental manis dengan label full cream, ya. Dengan produk kental manis dari Frisian Flag, kamu bisa menambah cita rasa berbagai sajian makanan dan minuman. Produk ini tersedia dalam berbagai kemasan dan ukuran, mulai dari kaleng, pouch, juga sachet.

Kental manis Frisian Flag juga memiliki kandungan 8 Vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6 dan B12) dan mineral berupa kalsium dan fosfor. Tak hanya itu, Kental Manis Frisian Flag juga mengandung 130 kkal per sachet.

Yuk, bikin kreasi Cokelat Truffle ala rumahan pakai Frisian Flag Kental Manis yang bisa kamu dapatkan dengan mudah ini. Dengan resep di atas, kamu bisa nikmati camilan cokelat yang praktis dibuat.

(ads/ads)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com