ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-28: Kenikmatan Bubur Kacang Ijo dan Tumis Sosis Buat Buka

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 30 Apr 2022 08:00 WIB
mung bean porridge
Foto: iStock
Jakarta -

Ikan goreng sambal bawang sedap untuk makan sahur. Buka puasanya pakai bubur kacang ijo dan tumis sosis telur yang gurih nikmat bikin lahap makan.

Makanan yang gurih dan sedap paling cocok untuk memancing selera makan saat waktu sahur. Sajian ikan goreng yang sederhana juga bisa menjadi ide santapan sahur dengan menambahkan sambal bawang yang pedas menyegarkan. Terlebih ketika menyantapnya dengan nasi hangat dijamin semakin semangat untuk makan sahur.

Setelahnya, bisa menyajikan bubur kacang ijo yang manis menyegarkan dan bikin tak sabar untuk berbuka puasa. Lembutnya kacang hijau dengan celupan roti tawar paling enak untuk mengembalikan tenaga setelah berpuasa seharian. Jika ingin lebih istimewa beberapa bahan tambahan juga bisa saja dicampurkan ke dalamnya.

Makan malamnya paling lengkap jika menyajikan hidangan yang gurih nikmat dan disukai seluruh anggota keluarga. Tumis sosis dengan telur yang akan disukai anak-anak, salah satunya. Cara membuatnya yang sederhana tidak akan merepotkan walaupun sudah kekenyangan makan takjil.

Berikut ini ide menu harian Ramadan untuk puasa yang lebih menyenangkan:

Resep Ikan Goreng Sambal BawangRenyahnya ikan goreng paling nikmat jika disajikan dengan sambal bawang. Foto: iStock

1. Ikan Goreng Sambal Bawang

Renyah gurih ikan goreng tidak pernah salah jika ingin disajikan dalam berbagai waktu makan. Ikan goreng juga cukup mudah untuk dimasak dan dipadukan dengan berbagai bumbu lezat yang disesuaikan dengan selera yang diinginkan.

Salah satunya adalah sambal bawang yang pedasnya menyegarkan. Tekstur ikan goreng yang renyah dengan cocolan sambal bawang akan membuat waktu makan jadi lebih spesial terlebih jika disajikan saat makan sahur.

Berbagai jenis ikan yang disukai juga bisa digunakan menjadi bahan utama pada hidangan ikan goreng sambal bawang ini. Untuk resep lengkap mulai dari bumbu ikan goreng hingga sambal bawangnya yang pedas menyegarkan bisa dilihat di sini.

2. Bubur Kacang Ijo

mung bean porridgeLembut manis bubur kacang ijo paling nikmat disajikan saat berbuka puasa. Foto: iStock

Berbagai makanan manis tradisional selalu menjadi pilihan utama dan yang paling populer untuk dicari ketika menjelang waktu berbuka puasa. Jika bosan dengan hidangan seperti bubur sumsum atau kolak, masih ada bubur kacang ijo yang bisa menjadi pilihan sajian takjil rumahan.

Bubur kacang ijo yang menyegarkan ini juga cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh walaupun setelah berpuasa seharian penuh. Jika ingin lebih lengkap dan istimewa, bubur kacang ijo juga bisa dikreasikan dengan berbagai bahan tambahan.

Misalnya dengan roti tawar sebagai cocolan atau dengan menambahkan ketan hitam ke dalam mangkuk campuran bubur kacang ijo. Beberapa kreasi bubur kacang ijo dari yang paling sederhana hingga yang paling lengkap bisa kamu temukan di resep ini.

3. Tumis Sosis Telur

telur spesial sosis buat sarapanPadat nutrisinya, tumis sosis telur ini cocok untuk makan malam setelah seharian berpuasa. Foto: iStock

Setelah puas makan makanan yang manis saat berbuka puasa, waktunya membasuh mulut dengan hidangan yang gurih nikmat. Kekenyangan saat berbuka puasa tidak jarang membuat beberapa orang merasa malas untuk menyiapkan makan malam yang sebenarnya cukup penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang telah lelah diajak berpuasa.

Bahan makanan seperti sosis dan telur bisa menjadi alternatifnya jika tidak ingin direpotkan dengan waktu makan malam yang harus dipenuhi. Irisan sosis bisa langsung ditumis dengan tambahan telur hingga berbagai isian lain yang boleh disesuaikan dengan selera.

Menu makan yang gurih dan sederhana ini juga cocok untuk memancing semangat anak-anak ikut makan malam setelah puas makan-makanan manis untuk mengisi energi saat berbuka puasa. Seluruh bahan yang dibutuhkan hingga cara memasaknya tersedia lengkap dalam resep berikut ini.



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT