Spesialis Babi Asap! TikToker Ini Masak Kepala hingga Usus Babi

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 29 Apr 2022 17:00 WIB
Spesialis Babi Asap! TikToker Ini Masak Kepala hingga Usus Babi
Foto: TikTok/masimustris
Jakarta -

Menampilkan cara memasak ala pedesaan, TikToker ini punya menu yang unik. Seluruh bagian tubuh babi ia asap dan dimasak hingga lezat.

Selain mukbang, banyak konten memasak juga diminati netizen di media sosial. Tips memasak, review peralatan memasak yang istimewa, hingga cara memasak tradisional yang khas dan terlihat unik juga disukai.

Para konten kreator juga memiliki caranya sendiri untuk mengemas konten memasak mereka menjadi berbeda dan mampu menarik banyak perhatian penontonnya. Beberapa konten kreator juga menampilkan suasana di pedesaan yang alami dan menenangkan.

Salah satunya pada akun TikTok @masimustris yang menampilkan cara memasak tradisional di sebuah dapur yang sederhana khas rumah-rumah di pedesaan. Menu yang disajikannya juga cukup unik karena menggunakan seluruh bagian tubuh babi yang diasapi terlebih dahulu.

Berikut ini 5 olahan daging babi asap secara tradisional yang viral pada TikTok @masimustris:

Spesialis Babi Asap! TikToker Ini Masak Kepala hingga Usus BabiTerlihat seperti sosis, TikToker ini masak usus babi sepanjang 3 meter. Foto: TikTok/masimustris

1. Usus Babi

Sekilas terlihat seperti sosis, tetapi olahan ini sepenuhnya terbuat dari daging dan usus babi. Bentuknya yang memanjang terbuat dari usus babi yang telah dibersihkan dan diisi dengan daging babi cincang yang telah dibumbui.

Melalui proses pengasapan, usus babi tersebut dimasak hingga warnanya menjadi kecokelatan. Usus babi juga dibiarkan menggantung untuk membuat menjadi lebih kering teksturnya sebelum dimasak pada tahap kedua dengan bumbu-bumbu untuk dihidangkan.

Tidak hanya membuatnya dalam jumlah sedikit, TikToker ini bahkan membuat sosis babi tradisional hingga 3 meter panjangnya. Isian sosis babi yang begitu padat ini ternyata menarik perhatian netizen hingga ditonton lebih dari 60 ribu kali.

2. Perut Babi

Lapisan lemak perut babi konon menjadi bagian tubuh babi yang jika dimasak memiliki rasa yang begitu lezat. Untuk memperkuat rasanya tanpa menghilangkan kelezatan alami dari perut babi itu sendiri, TikToker ini memilih untuk mengolahnya dengan cara diasapi terlebih dahulu.

Daging perut babi yang tebalnya bahkan mencapai 15 centimeter ini terlihat begitu menggiurkan dengan lemak pada lapisan kulit yang sangat tebal hingga garis-garis marbling atau lemak yang ada di sela-sela daging. Diiris tipis-tipis, perut babi ini kemudian dimasak dengan bumbu berkuah kuning tradisional.

Berbagai rempah juga telah disiapkan untuk menjadi cocolan pelengkapnya. Tampak begitu menggiurkan, video memasak usus babi yang diasapi ini berhasil meraih perhatian penonton hingga lebih dari 85 ribu kali.

Olahan babi asap khas pedesaan lainnya ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Sate Taichan Ayam dan Renyah di Kebon Jeruk"
[Gambas:Video 20detik]