Menu Harian Ramadan ke-26: Nikmatnya Telur Dadar khas Padang hingga Selendang Mayang untuk Takjil

ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-26: Nikmatnya Telur Dadar khas Padang hingga Selendang Mayang untuk Takjil

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 28 Apr 2022 08:00 WIB
Es selendang mayang
Foto: iStock
Jakarta -

Telur dadar padang yang tebal gurih paling nikmat disajikan saat sahur. Buka puasanya pakai selendang mayang yang segar dan makan malam dengan orak-arik bayam.

Telur dadar adalah hidangan simpel dan enak yang menjadi kesukaan banyak orang. Terlebih sajian telur dadar yang tebal dan banyak isinya seperti di rumah makan Padang. Ternyata telur dadar padang ini juga bisa disajikan di rumah dan cocok untuk pelengkap saat makan sahur.

Untuk buka puasanya bisa dengan es selendang mayang yang manis menyegarkan. Warnanya yang cantik dengan siraman santan dan sirup membuat es selendang mayang terasa menyegarkan untuk berbuka puasa.

Agar tidak lupa mencukupi kebutuhan nutrisi, makan malamnya bisa dengan menyajikan orak-arik bayam yang lezat dan sehat. Mencampurkannya dengan sedikit telur akan semakin melengkapi hidangan orak-arik bayam yang nikmat jika dipadukan dengan nasi putih yang hangat.

Berikut ini ide menu harian Ramadan yang bisa menjadi suguhan untuk keluarga di rumah:

Resep Telur Dadar Kari Padang yang Empuk GurihTebal empuk telur dadar khas padang bisa dibuat sendiri di rumah untuk sajian saat sahur. Foto: Youtube@Yongki Gunawan

1. Telur dadar Padang

Makanan khas Sumatera Barat tidak pernah gagal untuk memanjakan lidah para penikmatnya. Bukan hanya rendangnya yang empuk, lezat dan berbumbu tetapi ada juga telur dadar yang terlihat sederhana namun nikmat luar biasa.

Olahan telur dengan beragam isian yang dimasak hingga tebal ini punya cita rasa yang istimewa. Bahan-bahannya yang mudah ditemukan dan bisa menggunakan beberapa bahan yang tersisa di dapur membuat telur dadar khas Padang gampang dibuat di rumah.

Hanya saja ada teknik untuk membuatnya sehingga hasil akhirnya menjadi tebal legit seperti di rumah makan Padang sungguhan. Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatan yang lengkap bisa dilihat pada resep ini.

Es selendang mayangManis lembut es selendang mayang khas Betawi bisa jadi ide sajian takjil untuk disantap bersama keluarga. Foto: iStock

2. Es selendang mayang

Segelas es selalu dicari saat berbuka puasa. Racikan es tradisional yang menggunakan santan dan pemanis berupa sirup atau gula yang dicairkan paling cocok untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Es selendang mayang khas Betawi ini punya adonan yang berwarna-warni cantik dengan penyajian yang dilengkapi santan, sirup merah dan gula cair yang luar biasa legit. Kelezatan es jadul ini juga tak lekang oleh zaman terutama bagi para penggemarnya.

Jika merasa kesulitan untuk mencari penjualnya, kamu juga bisa membuat es selendang mayang sendiri di rumah. Cara pembuatannya yang bisa dilakukan secara sederhana bisa dilihat di resep ini.

orak-arik bayam yang mudah buat sarapamSederhana dan bergizi menu bayam ini cocok untuk disajikan saat makan malam setelah puas menyantap takjil. Foto: iStock

3. Orak-arik bayam

Saat berpuasa, tidak hanya makanan lezat dan menyegarkan yang perlu dihidangkan. Mencukupi kebutuhan nutrisi juga wajib dilakukan agar tubuh tetap bugar dan berfungsi dengan normal selama menjalankan ibadah puasa.

Tidak harus sayur mayur dan buah-buahan yang lengkap, minimal ada asupan sayur yang bisa dikonsumsi dalam satu hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satunya dengan mengolah bayam yang mudah, lezat dan bergizi.

Jika ingin lebih komplet rasanya kamu juga bisa menyampurkannya dengan telur ayam agar lebih gurih dan membuat keluarga yang menikmatinya lebih berselera. Resep lengkap orak-arik bayam ada di sini.



Simak Video "Masak Masak: Resep Telur Dadar Padang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT