ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-16: Sapo Tahu dan Risoles Nikmat Buat Buka Puasa

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 18 Apr 2022 08:00 WIB
Indonesian Food Risoles on white plate
Foto: Getty Images/iStockphoto/rikirisnandar
Jakarta -

Sapo tahu ala chinese food bisa dibikin untuk sahur. Renyahnya risoles bisa menjadi ide untuk menu takjil dan disusul dengan segarnya soto ayam saat makan malam.

Hidangan sup di chinese food selalu memiliki tempat tersendiri di lidah penggemarnya. Termasuk sajian sapo tahu yang kaya akan tekstur dari berbagai bahan dengan kuah kental yang gurih rasanya. Tidak hanya bisa disantap di restoran saja, menu ini juga gampang dibuat di rumah dan cocok jadi menu sahur.

Renyahnya risoles dengan beragam isian mulai dari mayonaise hingga sayuran cocok untuk melengkapi waktu berbuka puasa. Rasanya makin nikmat dengan pelengkap cabai rawit.

Saat malam hari, enaknya menghangatkan perut dengan makan soto ayam. Suwiran ayam dan lembutnya bihun disiram dengan kuah kaldu yang kuning cocok juga untuk disantap dengan nasi putih dan dinikmati selagi hangat.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-14: Sedapnya Sayur Lodeh hingga Mujair Goreng yang Bikin Nambah Nasi!

Berikut ini ide menu harian Ramadan yang cocok untuk sajian berpuasa bersama keluarga:

Sapo tahu, chinese food made with tofu, vegetables and seafood. Served on white bowl.Gurih kental kuah sapo tahu cocok untuk membangunkan selera makan saat sahur. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti

1. Sapo Tahu

Gurih lembut sapo tahu selalu menjadi menu favorit yang tidak kelewatan untuk dipesan di restoran chinese food. Perpaduan antara sayuran, tofu dan berbagai bahan lainnya terasa nikmat.

Kuahnya yang kental juga cocok untuk menghangatkan tubuh secara perlahan dan membangkitkan selera makan. Lezatnya sapo tahu tidak hanya bisa didapatkan dari restoran chinese food saja.

Hidangan sapo tahu yang gurih ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan mengandalkan beberapa bahan yang sudah tersedia di dalam kulkas. Untuk bahan-bahan dan cara membuatnya yang lengkap bisa dilihat langsung pada resep ini.

Baca juga: 5 Restoran Timur Tengah Ini Punya Menu Nasi Mandi hingga Uzbuki yang Nikmat

2. Risoles

Indonesian Food Risoles on white plateGurih renyah risoles tidak pernah gagal memanjakan mulut saat berbuka puasa. Foto: Getty Images/iStockphoto/rikirisnandar

Menjadi salah satu menu takjil yang banyak digemari, risoles bisa kamu bikin sendiri di rumah. Macam-macam isian juga bisa dimasukkan ke dalam risoles, ada mayonaise hingga sayuran.

Jika ingin yang lebih nikmat, kamu bisa menambahkan potongan smoke beef dan telur rebus dengan sedikit mayonaise di dalamnya. Menyajikannya dengan beberapa buah cabai rawit untuk menambah kepedasan akan membuat rasanya semakin lengkap.

Tidak harus membelinya, risoles juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah sambil menunggu magrib. Mulai dari bahan yang dibutuhkan, cara membuat isian hingga melipat kulitnya semua bisa dilihat langkah-langkahnya di resep ini.

3. Soto Ayam

Soto Ayam, yellow turmeric chicken soup with vermicelli noodles, shredded chicken, boiled egg, fried potato, sprouts, tomato, parsley and fried shallots, served with Emping. Popular Indonesian foodUntuk makan malamnya ada soto ayam yang gurih hangat. Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka

Setelah puas makan hidangan takjil, waktunya membasuh mulut dengan makanan utama yang menyegarkan. Hidangan soto ayam dengan kuah kuning bisa menjadi salah satu ide alternatifnya.

Suwiran ayam, bihun yang lembut ditambah telur rebus akan semakin melengkapi waktu makan malam. Baik dimakan dengan nasi putih maupun dimakan langsung kedua bisa sama-sama lezat.

Soto ayam bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan racikan bumbu dapur yang tersedia. Untuk resep lengkapnya bisa dilihat di sini.

Baca juga: Hati-hati! 7 Kebohongan pada Label Makanan Ini Bisa Bikin Pembeli Terkecoh



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT