Menu Harian Ramadan ke-14: Sedapnya Sayur Lodeh hingga Mujair Goreng yang Bikin Nambah Nasi!

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 16 Apr 2022 08:00 WIB
Resep Mujair Goreng Sambal Kencur
Foto: iStock
Jakarta -

Sajian sayur lodeh yang sedap cocok untuk santap sahur. Buka puasanya ditemani puding kelapa vanila dan mujair goreng dengan sambal kencur yang bikin lahap.

Mirip dengan sayur asem, sayur lodeh yang bersantan paling segar jika dituang ke atas nasi putih. Beragam jenis sayuran yang digunakan di dalamnya membuat menu ini bergizi. Mudah dan cepat untuk memasaknya membuat sayur lodeh paling cocok jika disajikan sebagai santapan sedap dan hemat waktu saat sahur.

Saat berbuka puasa ada puding kelapa vanila yang lembut untuk ide sajian takjil. Tidak hanya bisa disajikan menjadi es kelapa saja, segarnya daging kelapa juga bisa diolah menjadi puding yang lembut manis dan nikmat untuk berbuka puasa.

Saat makan malam masih ada menu lezat selanjutnya yang menunggu untuk disantap. Ikan mujair goreng yang renyah gurih bisa lebih nikmat jika dipadukan dengan sambal kencur yang sedap. Kelezatannya bisa bikin kamu ingin terus nambah nasi!

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-12: Oseng Tempe Teri dan Telur Kecap yang Bikin Nafsu Makan

Berikut ini ide menu harian yang cocok untuk disajikan saat Ramadan bersama keluarga:

Sayur Lodeh or vegetable soup with coconut milk, delicious of traditional indonesian food. Consists of chayote, long beans, eggplant, cabbage and coconut milk. Served in bowl, close up.Sayur lodeh yang segar gurih cocok untuk menemani waktu sahur. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti

1. Sayur Lodeh

Sebagian orang mengaku tak bisa lepas dari sayur atau sup yang hangat ketika sahur. Selain membantu mengatasi dehidrasi di siang hari, sayur berkuah juga memudahkan untuk menelan makanan ketika sahur.

Salah satu sayur yang nikmat dan cocok untuk disajikan saat sahur adalah sayur lodeh. Sayur tradisional ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan melalui cara pembuatan yang tidak terlalu rumit.

Sayur lodeh yang menggunakan santan ini juga bisa menjadi ide selingan ketika bosan dengan sayur bening yang itu-itu saja. Untuk bahan dan cara membuat sayur lodeh, resepnya ada di sini.

Baca juga: 5 Restoran Timur Tengah Ini Punya Menu Nasi Mandi hingga Uzbuki yang Nikmat

2. Puding Kelapa Vanila

Resep Puding Kelapa VanilaPusing vanila yang manis lembut ini cocok untuk buka puasa, ditambah dengan air kelapa di dalamnya membuat rasanya semakin segar. Foto: Dok. Sasa

Creamy lembut dari puding yang menyegarkan memang paling cocok untuk disajikan sebagai hidangan takjil. Penggunaan bahan yang cenderung mudah dikreasikan membuat olahan puding digemari banyak orang.

Jika ingin sesuatu yang berbeda kamu bisa membuat olahan puding vanila kelapa yang lembut dan menyegarkan. Air kelapa yang menyegarkan tidak hanya bisa dibuat menjadi es yang dingin saja, tetapi juga bisa disulap menjadi puding yang lembut nikmat.

Puding kelapa vanila ini juga bisa ditambahkan dengan berbagai macam topping yang menggiurkan terlebih jika si kecil mulai ikut berpuasa tahun ini. Agar seluruh anggota keluarga semangat menyambut buka puasa resep puding vanila kelapa ini bisa kamu lihat di sini.

3. Mujair Goreng

Resep Mujair Goreng Sambal KencurHarum sambal kencur yang dipadukan dengan ikan mujair yang digoreng kering akan menambah sempurna waktu makan malam. Foto: iStock

Bukan hanya rasa dan tekstur yang bisa menggugah selera, tetapi aroma yang harum dari makanan juga ampuh untuk memancing selera makan. Ketika puas makan takjil biasanya banyak orang yang enggan makan malam dengan baik.

Aroma wangi dari mujair goreng dengan sambal kencur bisa menjadi alternatif untuk memancing selera makan. Walaupun sudah merasa kenyang, tubuh sebenarnya masih butuh asupan yang lengkap agar kuat berpuasa kembali di keesokan harinya.

Mujair goreng sambal kencur ini bisa dengan mudah dibuat dan disajikan saat makan malam di rumah. Bahan-bahannya hanya membutuhkan ikan mujair segar dan bumbu dapur yang tersedia di rumah. Kelezatan mujair goreng sambal kencur ini bisa kamu cicipi dengan meniru resep ini.

Baca juga: 5 Restoran Asri di Bogor Buat Bukber, Pemandangannya Sawah hingga Sungai!



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)