Menu Harian Ramadan ke-9: Sup Ikan Tofu dan Putu Ayu Legit untuk Buka Puasa

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 11 Apr 2022 08:00 WIB
This Indonesian Food Putu Putri Ayu Pandan Suji coming from Indonesia South East Asia. The food is soft, very delicious and created from common ingredients. This green cake categorized as traditional food and also called
Foto: iStock
Jakarta -

Ada sup ikan tofu yang segar untuk santap sahur. Saat buka puasa sajikan putu ayu yang manis cantik dan nasi goreng ayam yang lezat untuk makan malam.

Hangat lembut tofu dengan kuah yang bening gurih paling nikmat untuk membangkitkan selera makan saat sahur. Kuah yang hangat dijamin ampuh untuk mengusir kantuk. Selain itu kuahnya yang tidak terlalu berminyak juga cocok untuk menjaga tenggorokan tidak kering saat berpuasa.

Setelah berlapar-lapar puasa, giliran menyiapkan kue yang manis dan wangi aromanya. Ada putu ayu berwarna cantik yang bisa dinikmati dengan teh hangat saat berbuka puasa. Teksturnya yang lembut juga mebantu mulut bersiap untuk kembali mengunyah makanan.

Memasuki waktu malam, saatnya mulai menyantap makanan berat. Jika tak ingin yang merepotkan kamu bisa membuat olahan nasi goreng yang sedap rasanya. Tambahkan ayam suwir dan bikin sedikit pedas agar lebih nikmat.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-8: Gurihnya Ayam Goreng Rempah dan Tumis Buncis yang Bikin Lahap Makan!

Berikut ini ide menu harian Ramadan untuk menemani waktu dari sahur hingga makan malam:

Sup Tofu IkanSegarnya sup ikan tofu cocok untuk membangkitkan selera makan saat waktu sahur. Foto: detikfood

1. Sup Ikan Tofu

Makan hidangan sup saat sahur paling cocok untuk membantu menyiapkan diri mulai mengonsumsi makanan. Mata yang masih mengantuk biasanya membuat nafsu makan sulit datang dan membuat makan sahur menjadi tak bersemangat.

Olahan makanan yang hangat bernutrisi seperti sup ikan tofu bisa menjadi pilihan jika tidak tahu ingin menyajikan apa. Hanya tinggal merebus semua bahan hingga matang, kamu juga tidak perlu bersiap terlalu lama untuk membuat hidangan ini.

Pilihan ikannya juga bisa disesuaikan dengan selera keluarga. Ditambah tofu yang lembut rasanya akan semakin lezat dan gizinya semakin tinggi. Jika ingin mencoba membuatnya bisa melihat resep detikfood ini.

Baca juga: Zonk! Beli Nasi Kucing, Netizen Ini Dapat Nasi dan Lauk 'Seupil'

2. Putu Ayu

This Indonesian Food Putu Putri Ayu Pandan Suji coming from Indonesia South East Asia. The food is soft, very delicious and created from common ingredients. This green cake categorized as traditional food and also called Manis cantik kue putu ayu yang wangi aromanya bisa menjadi alternatif takjil untuk disajikan bersama keluarga. Foto: iStock

Bukan hanya rasa dan teksturnya saja, aroma hidangan juga seringkali memengaruhi nafsu makan. Terlebih ketika mencium aroma kue yang harum wangi biasanya berhasil memancing kelenjar ludah yang dikenal dengan istilah 'bikin ngiler'.

Untuk menu takjil yang wangi aromanya kamu bisa membuat kue putu ayu yang manis dan wangi. Warnanya yang cantik juga sangat cocok untuk disajikan di meja makan dan dinikmati bersama seluruh anggota keluarga.

Bahan-bahannya tak terlalu rumit dan proses memasaknya juga cukup mudah untuk diikuti. Resep kue tradisional yang mudah ditiru ini bisa kamu lihat di sini.

3. Nasi Goreng Ayam Suwir

Resep Nasi Goreng Ayam SuwirMudah dibuat, resep nasi goreng ayam suwir ini cocok untuk disajikan sat makan malam setelah menikmati takjil. Foto: iStock

Sudah seperti comfort food atau makanan yang paling digemari banyak orang di Indonesia, nasi goreng akan selalu cocok disajikan kapan saja. Pengolahannya yang mudah serta cocok untuk ditambahkan berbagai bahan membuatnya akan semakin lezat.

Jika menyukai rasa makanan yang agak pedas, kamu juga bisa menambahkan sedikit bumbu pedas ke dalam nasi goreng buatanmu. Untuk meracik bumbu nasi goreng yang sedap rasanya juga tak terlalu mudah.

Memasaknya yang bisa dilakukan dalam waktu yang singkat tidak membuat kamu kerepotan untuk menyajikannya saat makan malam setelah berbuka puasa. Nasi goreng ayam suwir yang pedas nagih ini bisa kamu tiru dan lihat di sini.

Baca juga: Gawat! Salt Bae Keluhkan Persediaan Garamnya Menipis



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)