Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 Tahun

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 17 Jan 2019 15:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Meski sudah mulai MPASI, pemberian makanan anak masih tetap perlu diperhatikan. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari terutama untuk bayi. Apa saja ya?

Setelah 6 bulan diberi ASI eksklusif, kini saatnya anak diberi makanan pendamping ASI (MPASI). Tidak semua makanan aman diberikan, terutama anak yang usianya di bawah 1 tahun. Beberapa makanan ini mengandung bakteri sehingga kalau dikonsumsi berlebihan justru dapat berpengaruh buruk pada anak.

Dikutip dalam Mashed, berikut ini beberapa makanan yang bisa jadi berbahaya kalau diberikan pada anak usia dini.

Baca juga: Ini 5 Panduan Pemberian Makanan Anak Hingga Usia 1 Tahun

1. Madu

Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 TahunFoto: iStock

Madu tidak boleh diberikan pada anak di bawah 1 tahun. Madu mengandung spora bakteri yang disebut sebagai clostridium botulinum. Jika anak mengonsumsinya mereka bisa terkena botulisme. Ini merupakan suatu bentuk keracunan makanan langka yang menyebabkan kelemahan otot, hilangnya nafsu makan dan sembelit. Madu yang diberikan saat usia dini juga dapat merusak gigi anak.

Jika ingin menambahkan rasa manis sebaiknya pilih buah segar. Selain aman, buah segar juga mengandung vitamin dan mineral.

2. Susu sapi

Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 TahunFoto: Getty Images

0-6 bulan anak harus konsumsi ASI. Ini adalah makanan terbaik yang diberikan untuk bayi, ASI juga bisa dilanjutkan sampai usia 2 tahun. Namun ketika usianya sudah 2 tahun ke atas, susu sapi sangat baik dikosumsi anak-anak.

Susu sapi mengandung protein, kalsium dan kalium serta vitamin A,B dan D.

3. Makanan manis

Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 TahunFoto: iStock

Permen, cokelat dan makanan manis lainnya tidak boleh diberikan pada anak usia dibawah 1 tahun. American Heart Association merekomendasikan agar bayi dan balita tidak mengonsumsi makanan terlalu manis sampai usia minimal 2 tahun.

Menurut 2018 Feeding Infants and Baldlers Study, 27 persen anak-anak berusia antara 1 dan 3 tahun tidak makan sayuran setiap hari. Semnatara itu 75 persen anak-anak berusia antara 1 dan 2 tahun mengomsi permen setiap hari dan 90 persen anak usia 2-3 tahun banyak yang menikmati makanan manis.

Kalau hal ini terjadi efeknya adalah anak-anak bisa mengalami kenaikan berat badan, menderita kekurangan gizi dan alami masalah gigi.

4. Garam

Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 TahunFoto: Istock

Sama seperti gula, makanan asin dapat merusak kesehatan anak. Konsumsi makanan tinggi natrium sejak dini dapat mempengaruhi kesehatan secara umum dikemudian hari setelah dewasa. Hindari pemberian makanan seperti sup kalengan atau saus pasta instan yang tinggi akan natrium.

5. Kacang utuh

Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 TahunFoto: iStock

Selain bisa sebabkan alergi, kacang juga punya tekstur yang keras. Memberi kacang pada anak usia dibawah 1 tahun ini dapat berisiko terjadinya kesedak. Namun jika ingin memperkenalkan kacang, bisa memberikannya dalam bentuk selai. Tapi sebaiknya campurkan ke dalam makanan seperti kue atau pancake agar lebih mudah untuk dikonsumsi.

Baca juga: Agar Anak Mau Melahap Makanannya, Ini 7 Trik yang Bisa Anda Lakukan (lus/odi)