5 Tips Turunkan Berat Badan Sehat dari Ahli Gizi, Gampang Dicontek Pemula!

ADVERTISEMENT

Diet Sehat Turun BB

5 Tips Turunkan Berat Badan Sehat dari Ahli Gizi, Gampang Dicontek Pemula!

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 07 Jan 2023 11:00 WIB
Diet menurut dr. Diana
Foto: Detikcom / Atiqa Rana
Jakarta -

Menurunkan berat badan jadi salah satu resolusi tahunan. Tanpa harus menyiksa, diet bisa dilakukan dengan cara mudah dan sehat seperti yang diungkap dokter spesialis gizi klinik ini.

Meningkatnya tren gaya hidup sehat akhirnya membuat banyak orang tertarik mengikuti. Bukan sekadar mengubah pola makan, melainkan juga mereka punya tujuan seperti menurunkan berat badan.

Mungkin dalam melakukan usaha diet penurunan berat badan, masih banyak yang berpikir harus melakukannya dengan cara ekstrem. Padahal tanpa harus menyiksa diri, diet bisa dilakukan dengan cara mudah dan sehat.

Jika ingin memulai diet sehat yang bisa membantu penurunan berat badan, dr. Diana Suganda selaku dokter spesialis gizi klinik pun memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan kepada detikfood pada (05/01).

Berikut 5 tips yang bisa diikuti untuk mengawali diet dengan cara mudah namun tetap sehat:

1. Tentukan Tujuan Diet yang Ingin Dicapai

Mengenal Dash Diet, Bisa Cegah Darah Tinggi dan Cara MenjalaninyaSebelum menjalani diet, pastikan sudah punya tujuan tersendiri mau hasil diet seperti apa. Lebih baik pilih diet yang berlaku jangka panjang. Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt

Jika punya tujuan untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang harus dilakukan menurut dr. Diana yaitu menentukan tujuan yang ingin dicapai. Pastikan perubahan gaya hidup lebih sehat ini bisa dilakukan dalam jangka waktu panjang.

"Camkan dulu yang pertama tujuan Anda apa. Oke misalnya tujuan saya mau sehat saya mau mengubah lifestyle, pastikan perubahan lifestyle itu bisa dilakukan jangka panjang," ujar dr. Diana.

Setelah mengetahui tujuan, pastikan untuk melakukan banyak riset dengan cara membaca, banyak bertanya, maupun konsultasi langsung ke ahlinya.

Prinsip dasar yang ditekankan oleh dr. Diana Suganda dalam melakukan diet yaitu tetap kepada perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan seumur hidup dan tidak menyiksa.

"Setelah tahu tujuannya mau sehat, oke langkah awal yang harus dilakukan banyak tanya dong, banyak baca atau konsultasi ke dokter gizi seperti saya boleh. Prinsipnya untuk mengubah lifestyle, cari cara yang bisa dilakukan seumur hidup. Harus happy, harus fun, dietnya juga harus enak dan nggak boleh kelaparan," ucapnya.

2. Pastikan Komposisi Makanan dan Porsi Makan Sesuai

Diet menurut dr. DianaKomposisi makanan yang diasup harus komplet seimbang. Porsinya juga perlu diatur dengan kebutuhan kalori harian masing individu. dan Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Banyak orang yang ingin cepat menurunkan berat badan akhirnya melakukan rangkaian diet ekstrem. Tetapi cara diet yang disarankan oleh dr. Diana Suganda justru harus tetap mengacu kepada prinsip pola makan gizi seimbang.

Gizi seimbang berarti semua komposisi makanan harus lengkap termasuk asupan makronutrien dan mikronutrien untuk dikonsumsi. dr. Diana mengungkap, "Kalau gizi seimbang berarti semuanya harus lengkap. Kita harus mendapatkan asupan makronutrien. Itu harus ada karbohidrat, protein, dan juga lemaknya harus masuk. Nanti tinggal dipilih dan saya ajarkan bagaimana memilih lemak yang sehat, protein yang bagus, karbo yang baik."

Jangan lupa konsumsi mikronutrien yaitu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit tetapi penting. Jika tidak mendapat asupan mikronutrien, nantinya fungsi tubuh tidak bisa berjalan lebih baik. Mikronutrien biasanya berbentuk vitamin dan mineral yang banyak ditemukan buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

Setelah menentukan komposisinya, bisa dengan meracik porsi makan seperti panduan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dalam satu piring bisa diisi sepertiganya dengan karbohidrat, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Tetapi dr. Diana mengungkap porsi tersebut bisa berubah sesuai dengan tujuan dan kondisi tubuh seseorang. Jika mengalami obesitas, panduannya berubah menjadi piring T yang setengah piringnya diisi dengan sayuran, sementara seperempatnya karbo dan sepertempat lagi protein, bisa hewani maupun nabati.



Simak Video "Punya Resolusi Diet di Tahun 2023? Simak Tips Suksesnya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT