Ngemil 5 Buah-Buahan Segar Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

ADVERTISEMENT

Diet Sehat Turun BB

Ngemil 5 Buah-Buahan Segar Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 07 Jan 2023 10:00 WIB
Ngemil 5 Buah-Buahan Segar Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Foto: Getty Images
Jakarta -

Buah menjadi salah satu menu camilan diet sehat, namun perlu diingat, buah juga punya kalori sendiri. Jika ingin menurunkan berat badan, coba konsumsi 5 buah ini.

Ketika melakukan diet sehat, sebaiknya tidak melewatkan konsumsi buah-buahan. Konsumsi buah bukan hanya membantu proses diet seseorang, melainkan juga mengasup nutrisi dan vitamin sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam melakukan diet, biasanya buah-buahan akan dijadikan menu sarapan maupun menu camilan. Tetapi perlu diingat, buah juga punya kalorinya tersendiri.

Ditemui detikfood (05/01), dr. Diana Suganda yang merupakan spesialis gizi klinik mengungkap sebenarnya buah bisa dikonsumsi asalkan porsinya sesuai. Jika buah tersebut punya kalori tinggi, lebih baik dimakan lebih sedikit. Contohnya buah anggur.

Namun jika memang ingin fokus menurunkan berat badan, ada beberapa buah yang bisa dipilih untuk dikonsumsi. Merangkum stylecraze.com (07/12/2022), berikut pilihan 5 jenis buah terbaik untuk menurunkan berat badan menurut ulasan Ritika Dass, MSc selaku ahli gizi klinis dan dietetik.

1. Apel

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.Makan buah apel bisa bantu turunkan berat badan karena beberapa kandungan di dalamnya termasuk berakaroten, serat, vitamin, dan mineral. Foto: iStock

Apel memang dikenal sebagai buah yang punya ragam manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk membantu menurunkan berat badan.

Menurut USDA, apel kaya akan betakaroten, air, serat, vitamin,dan mineral. Konsumsi apel utuh atau dibuat menjadi jus apel tanpa pemanis, bisa menunjukkan hasil penurunan berat badan.

Adapun sebuah penelitian yang menemukan jika orang yang konsumsi apel memiliki indeks massa tubuh yang 30% lebih rendah kemungkinannya untuk mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidak konsumsi apel sama sekali.

Selain kandungan yang sudah disebutkan diatas, apel juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan oksidatif, sehingga bisa mengurangi berbagai macam risiko penyakit berbahaya termasuk penyakit kardiovaskular.

Disarankan setidaknya konsumsi satu apel utuh sehari yang bisa disantap untuk sarapan atau sebelum makan siang.

2. Alpukat

Alpukat dikenal mengandung lemak sehat yang bisa menunjang kesehatan sekaligus membantu menurunkan berat badan. Buah berdaging lembut creamy ini menjadi sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, serat makanan, vitamin, dan mineral.

Sebuah penelitian mengkonfirmasi jika konsumsi setengah sampai satu buah alpukat dalam sehari bisa membantu perut terasa lebih kenyang. Tak hanya menurunkan berat badan, alpukat juga sekaligus mengurangi kolesterol jahat, meningkatkan kesehatan jantung, hingga menjaga berat badan.

Alpukat bisa dimakan utuh maupun diolah dengan tambahan roti panggang dan dibuat dalam salad. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT