Mengenal Dash Diet, Bisa Cegah Darah Tinggi dan Cara Menjalaninya

ADVERTISEMENT

Diet Sehat Turun BB

Mengenal Dash Diet, Bisa Cegah Darah Tinggi dan Cara Menjalaninya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 05 Jan 2023 10:30 WIB
Mengenal Dash Diet, Bisa Cegah Darah Tinggi dan Cara Menjalaninya
Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt
Jakarta -

Dash diet banyak dijalani oleh penderita darah tinggi (hipertensi) karena manfaatnya. Kalau ingin melakukannya, berikut cara menjalani dash diet.

Diet banyak dijalani untuk menurunkan berat badan. Selain itu, diet juga dapat mencegah beberapa penyakit. Salah satunya dapat mencegah darah tinggi.

Dilansir dari Mayo Clinic (4/1), diet yang dapat menurunkan berat badan sekaligus darah tinggi adalah dash diet. DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Baca Juga: Diet Pelangi, Konsumsi Buah dan Sayur 6 Warna yang Kaya Nutrisi

Mengenal Dash Diet, Bisa Cegah Darah Tinggi dan Cara MenjalaninyaDash diet cocok untuk penderita darah tinggi dengan membatasi asupan natrium, lemak jenuh dan gula tambahan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt

Metode diet ini cocok dilakukan oleh para penderita darah tinggi karena dapat membantu mengontrol tekanan darah. Dash diet mencakup makanan yang kaya akan potasium, kalsium, dan magnesium. Diet ini membatasipelakunya untuk menyantap makanan yang tinggi natrium, lemak jenuh, dan gula tambahan.

Dash diet juga sudah dibuktikan dalam penelitian yang menunjukkan kalau metode ini dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam 2 minggu saja. Tak hanya darah tinggi, tapi dash diet juga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dua penyakit ini merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Untuk menjalani dash diet, apa saja yang aman dikonsumsi? Sebenarnya, dash diet adalah pola makan yang fleksibel dan seimbang. Sangat mudah mengikuti pola makan dash diet karena bahan makanan mudah ditemukan.

Baca Juga: Ini Menu Makanan yang Selalu Tersedia di Mobil Erick Thohir

Pelaku dash diet bisa menyantap sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Mereka harus menghindari makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh, seperti daging berlemak dan produk susu full cream. Untuk alternatifnya, bisa mengonsumsi protein nabati.

Mayo Clinic juga memberikan panduan makanan yang bisa dikonsumsi untuk dash diet. Dalam sehari, para pelaku diet ini mengonsumsi 2.000 kalori saja. Seperti mengonsumsi satu potong roti, 1/2 cangkir sereal, nasi, atau pasta. Bisa juga mengonsumsi produk susu bebas lemak (rendah lemak) sebanyak 2-3 porsi sehari.

Baca Juga: 7 Kesalahan Diet yang Paling Sering Dilakukan dan Menghambat Turun BB



Simak Video "Punya Resolusi Diet di Tahun 2023? Simak Tips Suksesnya"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT