ADVERTISEMENT

Diet Pelangi, Konsumsi Buah dan Sayur 6 Warna yang Kaya Nutrisi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 14 Sep 2022 08:00 WIB
diet pelangi
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Diet pelangi dapat kamu terapkan agar asupan buah dan sayuran bisa terpenuhi. Kamu bisa menggunakan buah dan sayuran dari 6 warna layaknya tampilan pelangi.

Ada beragam pola diet yang dapat diterapkan dalam keseharian. Salah satu yang dapat dicoba adalah diet pelangi. Sesuai namanya, dalam diet pelangi berisikan kombinasi makanan yang warna-warni.

Dilansir dari Only My Health (12/9) , makanan yang dikonsumsi dalam diet pelangi adalah buah dan sayuran. Kedua makanan itu harus memiliki warna yang berbeda, setidaknya 6 warna. Yaitu merah, kuning, hijau, putih, dan oranye.

Baca Juga: Kate Middleton 'Princess of Wales' Bertubuh Ramping, Intip Pola Dietnya

Berikut makanan dengan 6 warna yang berbeda untuk diet pelangi:

1. Merah

Manfaat makan tomat yang sehatkan tubuhmakanan berwarna merah Foto: Getty Images/iStockphoto

Makanan berawarna merah ada beragam. Di antaranya seperti tomat, apel, delima, buah bit, stroberi, semangka, dan lainnya.

Buah dan sayuran berwarna merah bermanfaat bagi jantung. Karena makanan berwarna merah ini mengandung nutrisi yang kuat seperti sitokimia.

Makanan berwarna merah yang sehat bagi jantung ini juga mempengaruhi penyakit kronis lainnya. Seperti mengurangi risiko penyakit kanker dan stroke.

2. Hijau

Manfaat bayam untuk perut buncitbayam Foto: Getty Images/iStockphoto/Zakharova_Natalia

Makanan berwarna hijau paling banyak terdapat pada sayuran. Sayuran berwarna hijau dianggap sebagai 'superfood' karena mengandung nutrisi yang tinggi.

Makanan berwarna hijau itu di antaranya adalah bayam, kubis, buncis, sawi, brokoli, selada, dan lainnya. Sayuran ini diketahui mengandung zat antioksidan tinggi.

Mengonsumsi sayuran hijau secara rutin dapat memberikan manfaat pada tubuh. Di antaranya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, hingga sebafai detoksifikasi.

3. Putih

Makanan berwarna putih juga dapat ditambahkan pada pola diet pelangi. Di antaranya seperti menambahkan buah pisang, kembang kol, bawang putih, hingga jamur.

Jika mengonsumsi makanan berwarna putih yang sehat ini dapat membantu mencegah penyakit jantung. Tak hanya penyakit jantung biasa, tapi juga turunannya seperti kolesterol dan darah tinggi.

Baca Juga: 5 Bakmi 'Hidden Gem' Rekomendasi YouTuber Nex Carlos



Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT