7 Pola Makan dari Ahli Kardiologi Ini Bisa Atasi Tekanan Darah Rendah

ADVERTISEMENT

7 Pola Makan dari Ahli Kardiologi Ini Bisa Atasi Tekanan Darah Rendah

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 09 Des 2022 05:00 WIB
7 Pola Makan dari Ahli Kardiologi Ini Bisa Atasi Tekanan Darah Rendah
Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalStock
Jakarta -

Tekanan darah rendah juga sama bahayanya dengan hipertensi. Ahli kardiologi merekomendasikan 7 pola makan untuk mengatasi darah rendah secara alami.

Tekanan darah harus dijaga dengan normal agar tidak mengganggu fungsi organ tubuh lain dan menimbulkan gejala yang tidak nyaman. Tak hanya darah tinggi, jika mengalami tekanan darah rendah disarankan untuk segera mengatasinya.

Tekanan darah rendah biasanya diikuti dengan gejala seperti kelelahan, sakit kepala ringan, mual bahkan hingga penurunan kesadaran. Pada kondisi seperti ini ada beberapa asupan yang harus diterima tubuh dan mengembalikan tekanan darah agar normal.

Menurut ahli kardiologi, Amnon Beniaminovitz ada beberapa pola makan yang bisa dilakukan oleh penderita darah rendah untuk mengatasinya. Pola makan ini cukup sederhana dan bisa diterapkan sehari-hari. Cek daftarnya.

Berikut ini 7 pola makan yang disarankan untuk penderita tekanan darah rendah menurut Manhattan Cardiology:

7 Pola Makan dari Ahli Kardiologi Ini Bisa Atasi Tekanan Darah RendahKonsumsi cukup air putih dapat manjaga keseimbangan volume darah. Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalStock

1. Minum cukup air

Tidak hanya menjaga keseimbangan cairan tubuh, memenuhi kebutuhan hidrasi juga berdampak pada volume darah. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka volume darah akan menurun.

Kondisi ini yang kemudian menjadi awal dari penurunan tekanan darah menjadi rendah. Bagi pria dewasa disarankan untuk mencukupi kebutuhan 3,7 liter air dan 2,7 liter air pada wanita setiap harinya.

2. Konsumsi makanan asin

Cita rasa makanan yang asin tidak hanya dapat membuat waktu makan lebih lezat. Tetapi juga dapat membantu mendorong tekanan darah yang rendah kembali pada batas normal.

Tetapi perlu diingat bahwa konsumsi makanan yang asin juga harus memilih makanan yang sehat. Banyak dokter dan ahli kardiologi yang menyarankan untuk menambahkan zaitun atau keju ke dalam makanan. Jika ingin menggunakan garam, harus selalu berpedoman pada batas aman yang direkomendasikan.

3. Tingkatkan asupan B12

Vitamin B12 yang banyak terdapat makanan makanan hewani dibutuhkan untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia yang dampaknya menurunkan tekanan darah bahkan hingga merusak saraf.

Setidaknya menambahkan satu atau dua lauk pauk hewani perlu dilakukan pada setiap waktu makan. Tak perlu khawatir, asupan makanan hewani banyak yang rendah lemak seperti telur, ayam, ikan dan produk susu rendah lemak.

Pola makan untuk mengatasi darah rendah lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT