3 Tips Menggoreng Agar Hasilnya Renyah Tahan Lama dari Tukang Gorengan

ADVERTISEMENT

3 Tips Menggoreng Agar Hasilnya Renyah Tahan Lama dari Tukang Gorengan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 08 Des 2022 10:30 WIB
3 Tips Menggoreng Agar Hasilnya Renyah Tahan Lama dari Tukang Gorengan
Foto: detikcom
Jakarta -

Walaupun terlihat mudah ternyata ada triknya untuk membuat gorengan lebih renyah. Tips menggoreng ini diberikan langsung oleh penjual gorengan legendaris.

Gorengan yang terlihat sebagai makanan sederhana ternyata ada trik sendiri untuk membuatnya. Tips cara menggoreng bertujuan untuk membuat gorengan menjadi lebih renyah dan tahan lama.

Makan gorengan tentunya paling enak yang masih renyah dan tidak alot terutama bagian tepung pelapis di luarnya. Menyambangi Gorengan Flamboyan (6/12) yang sudah berjualan selama 42 tahun di kawasan Karet, Kuningan detikfood diberi tips langsung cara menggoreng yang tepat.

Taufik, selaku anak dari pemilik Gorengan Flamboyan mengatakan rahasia kiat sukses jualan gorengan milik orang tuanya ini bukan pada racikan tepung pelapis gorengan. Ia mengatakan kunci utama gorengan yang renyah miliknya hanya ada pada suhu minyak yang tepat.

Baca juga: Bikin Tenang! 7 Makanan Ini Cocok untuk Atasi Gangguan Kecemasan

Berikut ini 3 tips membuat gorengan yang renyah ala penjual gorengan:

3 Tips Menggoreng Agar Hasilnya Renyah Tahan Lama dari Tukang GorenganTaufik mengingatkan bahwa membuat gorengan harus selalu dengan api besar. Foto: detikcom

1. Gunakan Api Besar

Untuk mendapatkan tekstur gorengan yang renyah anti loyo, Taufik menyebutkan bahwa api yang digunakan saat memasak harus besar. Terutama ketika memanaskan minyak sebelum memasukkan gorengan.

"Kalau mau gorengannya renyah itu apinya harus besar. Jadi dari awal saat panasin minyak harus dibesarin dulu. Pas goreng (bahan makanannya) juga dibesarin aja apinya," kata Taufik kepada detikcom.

Taufik juga mengatakan bahwa dirinya punya cara unik untuk membuat api dari kompor menjadi lebih besar. Ia akan meletakkan tabung gas yang digunakan pada air panas dan selama dirinya berjualan gorengan cara ini ampuh untuk membuat api kompor menjadi lebih besar.

2. Masukkan gorengan saat minyak sudah panas

Setelah menyesuaikan suhu api kompor, Taufik menyebut bahwa gorengan tidak boleh dimasukkan sebelum minyaknya panas. Gorengan yang masuk sebelum minyak panas hasilnya akan tidak akan renyah dan berminyak sehingga tidak akan nyaman saat dimakan.

"Kalau gorengan itu harus dipastikan dulu minyaknya sudah benar-benar panas. Jangan dimasukin (digoreng) kalau minyaknya belum panas nanti jadinya nggak renyah. Jadi pastikan dulu minyaknya benar-benar panas banget, bisa dicoba pakai tetesan adonan tepungnya," jelas Taufik.

Tetapi Taufik mengingatkan untuk tidak membuat minyak menjadi gosong sebelum menggoreng. Minyak panas yang dimaksud Taufik adalah minyak yang dipanaskan tidak sampai mengeluarkan asap.

"Nah kalau memanaskan minyak itu juga jangan sampai gosong. Tandanya gosong itu berasap dan warnanya jadi hitam. Nanti hasil gorengannya juga jadi kurang bagus dan hitam, tidak kecokelatan," kata Taufik.

3 Tips Menggoreng Agar Hasilnya Renyah Tahan Lama dari Tukang GorenganTak ada durasi khusus, Taufik hanya sampai warna kecokelatannya merata. Foto: detikcom

3. Goreng hingga cokelat merata

Durasi menggoreng makanan juga bisa disesuaikan dengan mudah hanya dengan melihat ciri fisiknya saja. Taufik menjelaskan tak ada waktu yang pasti untuk durasi menggoreng baik tahu, tempe, pisang goreng maupun yang lainnya.

"Pas menggoreng itu cukup tunggu sampai warnanya sudah cokelat dan merata. Jadi nggak ada waktu khusus karena setiap jenis beda-beda. cukup ditunggu saja sampai warna kecokelatannya merata dan jangan langsung diangkat semua, dilihat lagi satu per satu," kata Taufik.

Cara menggoreng ini diakui oleh Taufik dapat membuat gorengan yang disajikan tetap renyah dari sore hari hingga malam. Ia juga menyebutkan tips yang diberikan cocok untuk diterapkan untuk membuat gorengan sendiri di rumah.



Simak Video "Menjajal Indomie Goreng Viral di Muara Karang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT