Bikin Tenang! 7 Makanan Ini Cocok untuk Atasi Gangguan Kecemasan

ADVERTISEMENT

Bikin Tenang! 7 Makanan Ini Cocok untuk Atasi Gangguan Kecemasan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 08 Des 2022 05:00 WIB
Bikin Tenang! 7 Makanan Ini Cocok untuk Atasi Gangguan Kecemasan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Fudio
Jakarta -

Beberapa orang mengalami gangguan kecemasan yang membuat mereka sulit konsentrasi. Ternyata ada makanan yang dapat membantu meredakannya secara alami.

Mencukupi kebutuhan asupan nutrisi ternyata tak hanya untuk menjaga kesehatan fisik. Beberapa kondisi kesehatan mental juga bisa diatasi gejalanya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Salah satunya adalah gangguan kecemasan yang dialami oleh cukup banyak orang. Gangguan kecemasan ini merupakan kondisi mental yang menimbulkan gejala ketakutan, perasaan yang lebih sensitif hingga dada yang tiba-tiba terasa sesak saat cemas.

Selain dengan bantuan para ahli, mengatasi kecemasan ternyata juga bisa melalui bantuan asupan makanan yang tepat. Asupan makanan ini juga direkomendasikan untuk dikonsumsi berdampingan dengan obat yang diresepkan psikiater.

Berikut ini 7 makanan untuk meredakan gangguan kecemasan menurut Medical News Today:

Bikin Tenang! 7 Makanan Ini Cocok untuk Atasi Gangguan KecemasanKandungan omega-3 baik untuk menjaga kesehatan otak dan menyeimbangkan suasana hati. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fudio

1. Ikan berlemak

Ikan memiliki lemak alami yang mengandung banyak nutrisi penting. Ada omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan otak dan mengurangi inflamasi hingga vitamin D yang membantu menstabilkan mood.

Menurut penelitian yang dilakukan di tahun 2018 silam, beberapa partisipan dengan gejala gangguan kecemasan yang diberikan asupan omega-3 memiliki perkembangan yang lebih baik daripada yang tidak mengonsumsi omega-3. Para ahli menyarankan setidaknya mengonsumsi ikan salmon, sarden atau makarel tiga kali seminggu.

2. Telur

Sering disisihkan, kuning telur memiliki kandungan vitamin D yang tinggi sekaligus sumber protein yang baik. Telur juga memiliki kandungan asam amino yang membantu produksi serotonin.

Hormon serotonin ini dibutuhkan oleh otak untuk membantu meredakan kecemasan dan membuat perasaan lebih bahagia. Salah satu penelitian lain juga menyebutkan bahwa telur dapat memperbaiki ekosistem di dalam usus yang berperan pada pembentukan mood.

3. Dark cokelat

Melalui berbagai pengamatan panjang, para ahli merekomendasikan konsumsi dark cokelat untuk mengatasi gangguan kecemasan dan stres. Hal ini berdasarkan manfaat komponen cocoa yang dapat memperbaiki fungsi otak.

Dark cokelat juga diketahui mengandung komponen polifenol yang baik. Menurut sebuah penelitian, polifenol atau flavonoid ini dapat meredakan inflamasi pada saraf dan sel-sel otak yang mati sehingga sirkulasi darah lebih lancar dan otak terasa lebih segar.

Makanan untuk meredakan gangguan kecemasan lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Menjajal Indomie Goreng Viral di Muara Karang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT