7 Tips Makan Enak Tanpa Naik BB yang Mudah Dicontek, Intip Yuk!

ADVERTISEMENT

7 Tips Makan Enak Tanpa Naik BB yang Mudah Dicontek, Intip Yuk!

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 07 Des 2022 13:30 WIB
7 Tips Makan Enak Tanpa Naik BB yang Mudah Dicontek, Intip Yuk!
Foto: Getty Images/Hispanolistic
Jakarta -

Banyak orang takut makan enak karena tak ingin berat badannya naik. Tips mindful eating ini cocok ditiru untuk makan enak tanpa khawatir berat badan melonjak.

Menikmati makanan yang disukai menjadi momok menakutkan bagi banyak orang karena dianggap berpengaruh besar dalam menaikkan berat badan. Jangan khawatir, ada teknik mindful eating yang disarankan oleh ahli gizi untuk tetap makan enak tanpa khawatir mengalami lonjakan berat badan.

Mindful eating merupakan teknik membangun hubungan antara konsumen dengan makanannya sehingga asupan makanan dapat dikelola dengan efektif menjadi sumber tenaga. Tak hanya mulut tetapi seluruh tubuh akan ikut mencerna makanan yang diterimanya.

Menurut meta analisis pada jurnal Obesity Research & Clinical Practice menemukan bahwa praktik mindful eating ini menurunkan keinginan untuk makan dalam jumlah banyak dan asupan yang tak penting. Ada tips mudah yang bisa ditiru jika kamu ingin mencoba menerapkan mindful eating sehari-hari.

Berikut ini 7 tips mindful eating dengan mudah menurut Everyday Health:

7 Tips Makan Enak Tanpa Naik BB yang Mudah Dicontek, Intip Yuk!Mengenali tanda lapar penting untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan pada saat yang tepat. Foto: Getty Images/Hispanolistic

1. Kenali tanda lapar

Tanda lapar tak hanya saat perut berbunyi saja, ketika kamu sudah mulai memikirkan sebuah makanan tertentu hal tersebut juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh mulai lapar. Christyna Johnson selaku ahli gizi mengatakan bahwa tanda-tanda tersebut sering diabaikan oleh banyak orang.

Tubuh yang tiba-tiba merasa lelah atau bahkan ingin pingsan juga menjadi sinyal yang dikirimkan otak untuk segera mendapatkan asupan makanan. Ketika tanda lapar ini mulai dirasa, Johnson menyarankan untuk segera mengatasinya.

2. Makan dengan tenang

Ketika akan makan, pastikan kamu sudah mendapatkan tempat duduk dan meja yang nyaman. Rachael Hartley selaku ahli gizi juga menyebutkan pentingnya posisi saat makan karena dapat mempengaruhi asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Jika kamu makan dengan kondisi berdiri seperti pada acara pesta, tubuh akan kesulitan untuk menyadari berapa banyak makanan yang sudah dikonsumsi. Berbeda dengan makan dalam posisi duduk tenang, mata yang melihat sejumlah makanan akan mengirimkan sinyal ke otak untuk makan dengan cukup dan tidak berlebihan.

3. Membuat jadwal makan

Banyak yang tak terbiasa dengan jadwal makan yang sama setiap harinya. Padahal Johnson menyebutkan bahwa berpanduan pada jadwal makan penting untuk dilakukan agar tubuh mengenali waktu makan yang tepat.

Tubuh yang dilatih makan pada waktu-waktu tertentu akan lebih mudah menahan lapar ketika bukan waktu makan yang biasanya. Hal ini menjadi cara yang paling mudah untuk mencegah makan dalam jumlah banyak dengan intensitas yang terlalu sering.

Tips mindful eating lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Punya Resolusi Diet di Tahun 2023? Simak Tips Suksesnya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT