5 Manfaat Rutin Minum Teh Hijau, Kurangi Jerawat dan Bikin Awet Muda!

ADVERTISEMENT

5 Manfaat Rutin Minum Teh Hijau, Kurangi Jerawat dan Bikin Awet Muda!

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 06 Des 2022 05:00 WIB
Minum Teh Hijau dan Kopi Bisa Turunkan Risiko Kematian Penderita Diabetes
Foto: iStock
Jakarta -

Sejak dulu, teh hijau dipercaya sebagai bahan alami yang menyehatkan. Konsumsi rutin teh hijau ternyata terbukti dapat menyehatkan kulit secara menyeluruh.

Teh hijau merupakan minuman alami yang sejak zaman dahulu dipercaya memiliki khasiat yang berlimpah. Minuman yang berasal dari seduhan daun teh Camellia sinensis ini memiliki komponen aktif yang berkhasiat baik.

Dalam teh hijau terdapat polifenol dan katekin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit maupun memperbaiki kerusakan yang mengganggu. Teh hijau juga mengandung komponen antioksidan dan antiinflamasi sehingga bagus untuk kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat teh hijau pada kulit bisa digunakan sebagai masker maupun dikonsumsi sebagai minuman hangat yang menenangkan. Jika tak percaya khasiatnya, intip manfaat minum teh hijau secara rutin yang telah dibuktikan oleh ahli ini.

Baca juga: Kacau! Makanan Pesanan Online Wanita Ini Tumpah hingga Hancur Lebur

Berikut ini 5 manfaat minum teh hijau secara rutin menurut Skinkraft:

tehTeh hijau mengandung polifenol yang dapat mengatasi iritasi pada kulit. Foto: Thinkstock

1. Melawan iritasi dan kemerahan

Kaya polifenol, teh hijau mengandung komponen antiinflamasi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Secara tak sadar, kulit seringkali mengalami iritasi yang dampaknya menimbulkan kemerahan atau bengkak tak banyak disadari.

Pada kondisi seperti ini komponen anti inflamasi yang ada di dalam teh hijau sangat diperlukan untuk meredakan inflamasi dan mencegahnya melebar. Teh hijau bisa diseduh secara hangat dan diminum saat mengalami iritasi maupun ketika malam hari untuk sekaligus menenangkan tubuh.

Jika ingin hasil yang lebih efektif kamu juga bisa membuatnya sebagai masker dan mengoleskan pada wajah terutama tempat yang terjadi iritasi. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

2. Mengurangi jerawat

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tak perlu diragukan. Kandungan antioksidan ini sudah termasuk antimikroba dan antiinflamasi. Jerawat yang muncul pada wajah sebagian besar sebabkan oleh kulit yang kotor.

Kondisi kulit yang kotor membuat bakteri dan mikroba mampu berkembang biang dengan cepat dan menimbulkan pembengkakan yang disebut jerawat. Cara terbaik untuk mengatasi jerawat adalah dengan membunuh bakteri dan mikroba yang hidup di dalamnya kemudian biarkan jerawat mengempis tanpa dipecahkan.

Pada kondisi seperti ini komponen antimikroba yang ada pada teh hijau sangat dibutuhkan untuk meredakan jerawat terutama pada wajah. Selain itu, kandungan polifenol yang ada dalam teh hijau juga mampu mengurangi sebum yang menyumbat pori-pori sehingga akan mencegah pertumbuhan jerawat di tempat yang baru.

Manfaat rutin minum teh hijau lain ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT