ADVERTISEMENT

Contek 5 Tips Bikin Makanan Sehat Lebih Enak

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 11 Nov 2022 05:00 WIB
Alat Masak Aluminium Disebut Berisiko bagi Kesehatan, Ini 5 Sebabnya
Foto: Getty Images
Jakarta -

Makanan sehat sering dianggap tidak enak karena hanya dimasak dengan sedikit bumbu. Sebenarnya ada tips yang bisa dilakukan untuk membuat makanan sehat lebih enak. Ini tipsnya!

Banyak orang menghindari konsumsi makanan sehat karena dianggap tidak seenak makanan pada umumnya. Makanan sehat memang biasanya hanya diberi sedikit bumbu dan cara masaknya seperti dikukus atau direbus. Pada akhirnya, tampilan, aroma, bahkan rasa pada makanan sehat ini tidak menggiurkan.

Namun, tak sedikit juga mereka yang tengah berjuang untuk membuat makanan lezat dan sehat yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tak perlu ragu untuk memulai membuat makanan sehat karena ada beberapa cara mudah yang yang bisa dilakukan untuk membuat makanan itu lebih enak.

Merangkum hindustantimes.com (04/11), ahli gizi Vatche Shakarian membagikan 5 tips mudah membuat makanan sehat lebih enak.

1. Tambahkan Rempah dan Bumbu

5 Rempah dan Bumbu Dapur Ini Terbukti Ampuh Cegah Kanker.Bumbu dapur seperti bawang putih bisa membuat makanan lebih keluar rasanya dan lebih sehat. Foto: Getty Images

Sebagian orang berpikir bahwa penambahan rempah dan bumbu akan menghancurkan nutrisi pada makanan. Hal ini benar jika rempah dan bumbu yang digunakan tidak sehat dan jumlahnya berlebihan .

Vatche Shakarian merekomendasikan untuk menambah rempah dan bumbu pada makanan sehat agar tidak terlalu membosankan. Jenisnya bisa bawang putih, jahe, lengkuas, jinten, cengkeh, lada, dan masih banyak lagi.

Bumbu dapur tersebut masih bisa digunakan asalkan tidak berlebihan. Bahkan Shakarian meminta untuk tidak perlu takut menggunakan bumbu-bumbu dapur.

2. Tambahkan Saus Rendah Kalori

Saus-saus seperti saus tomat atau saus mayones memang punya kalori tinggi. Namun, kamu bisa mencari alternatif saus lain yang lebih sehat.

Kini, ada banyak saus rendah kalori yang bisa ditemukan. Contohnya saja pengganti saus barbeque dengan saus barbeque tanpa gula yang punya kalori jauh lebih rendah.

Di beberapa supermarket, juga tersedia saus-saus rendah kalori yang ramah untuk diet. Seperti saus mayones rendah kalori hingga saus sambal yang sudah terbebas dari gula.

Namun penggunaanya tetap harus diperhatikan, karena beberapa saus yang dijual di supermarket bisa jadi tetap ditambah dengan bahan-bahan yang kurang sehat.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT