Rutin Konsumsi 7 Makanan Tinggi Vitamin B6 Ini Agar Tak Gampang Sakit

ADVERTISEMENT

Rutin Konsumsi 7 Makanan Tinggi Vitamin B6 Ini Agar Tak Gampang Sakit

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 10 Nov 2022 06:00 WIB
Rutin Konsumsi 7 Makanan Tinggi Vitamin B6 Ini Agar Tak Gampang Sakit
Foto: Getty Images/iStockphoto/DenizA
Jakarta -

Vitamin B6 dikenal sebagai nutrisi untuk memperkuat imunitas. Nutrisi yang ada dalam makanan murah meriah ini cocok untuk menjaga tubuh agar tak gampang sakit.

Menurut catatan Mayo Clinic, vitamin B6 merupakan komponen nutrisi penting yang dibutuhkan oleh otak untuk menjaga sistem saraf dan imunitas. Sistem saraf dan imunitas yang berfungsi efektif ini selalu dibutuhkan untuk menjaga tubuh senantiasa sehat dan bugar.

Vitamin B6 bisa didapatkan melalui asupan makanan yang tepat. Tak perlu mahal atau premium ada beberapa makanan yang murah meriah dan mudah didapatkan dan mengandung vitamin B6 yang tinggi.

Bahan-bahan makanan ini bisa diolah menjadi menu makan sehari-hari yang sederhana tetapi tetap enak. Agar tak kesulitan lagi untuk menjaga kesehatan tubuh, pastikan untuk memeriksa daftar makanan tinggi vitamin B6 yang disarankan oleh ahli.

Baca juga: Restoran Gordon Ramsay Tolak Penyanyi Terkenal dengan Alasan Sepele

Berikut ini 7 makanan vitamin B6 yang direkomendasikan Healthline:

Rutin Konsumsi 7 Makanan Tinggi Vitamin B6 Ini Agar Tak Gampang SakitSelain baik untuk pertumbuhan, minum susu juga mampu menguatkan imunitas agar tak mudah sakit. Foto: Getty Images/iStockphoto/DenizA

1. Susu

Susu merupakan minuman sehat yang bisa dikonsumsi baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Konsumsi susu sapi secara rutin direkomendasikan oleh ahli untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 yang cocok bagi seluruh anggota keluarga.

Satu cangkir susu sapi maupun kambing terbukti mampu mencukupi kebutuhan 5% vitamin B6 harian yang direkomendasikan. Selain itu susu juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin B12 yang bisa didapatkan melalui satu cangkir yang sama.

2. Telur

Bahan makanan tinggi nutrisi yang bisa dikonsumsi setiap hari dan dalam bentuk apapun adalah telur. Dua butir telur dikatakan mampu memenuhi 10% kebutuhan vitamin B6 termasuk protein dan nutrisi lainnya.

Telur juga menjadi makanan yang palin cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lain dan dalam waktu apapun. Baik sarapan hingga makan malam, telur tak akan pernah salah untuk disajikan dan dinikmati.

3. Hati ayam

Satu-satunya bagian organ ayam yang dinilai bermanfaat adalah hati ayam. Hati merupakan organ hewan yang dianggap paling bernutrisi bahkan pada ayam sekalipun.

Hati ayam mengandung banyak vitamin seperti B6 dan B12. Hati ayam mudah untuk diolah dengan berbagai bumbu dan menjadi masakan jenis apapun, di dalamnya juga terkandung folat dan vitamin A yang penting untuk tubuh.

Baca juga: Pecahkan Rekor Dunia, Pria Ini Makan 10 Cabai Terpedas dalam 33 Detik

Makanan tinggi vitamin B6 lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT