5 Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat Efektif

ADVERTISEMENT

5 Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat Efektif

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 10 Nov 2022 05:00 WIB
Tanda asam urat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso
Jakarta -

Asam urat merupakan kondisi nyeri sendi yang bisa menyebabkan pembengkakan. Ketika asam urat terlalu tinggi, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman penurun asam urat efektif.

Asam urat merupakan senyawa atau produk limbah yang ditemukan dalam darah. Senyawa tersebut tercipta ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin. Sebagian besar asam urat tersebut akan larut dalam darah, melewati ginjal, dan akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin.

Penyakit assm urat bukan semata-mata terjadi begitu saja. Konsumsi makanan dan minuman yang tinggi purin juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Makanan-makanan tersebut seperti seafood, daging merah, hingga makanan dan minuman dengan fruktosa tinggi.

Jika tubuh sedang memiliki kadar asam urat lebih tinggi dari biasanya, ada makanan yang mampu menurunkan kadar asam urat tersebut secara alami. Makanan seperti buah-buahan biji-bijian hingga minuman tertentu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Merangkum healthshots.com (28/09/2020), berikut 5 makanan sehat yang dapat menurunkan asam urat secara alami dan efektif.

1. Pisang

Penderita asam urat dianjurkan mengonsumsi pisang setiap hari. Pisang secara alami rendah akan purin (senyawa alami yang terurai menjadi asam urat).

Dalam kondisi seperti ini, kamu bisa mengubah menu makanan dengan menambahkan pisang yang mampu menurunkan jumlah asam urat dalam darah serta mengurangi risiko serangan asam urat secara berulang.

2. Apel

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.Serat pada apel bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Foto: iStock

Apel merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Buah ini memiliki serat tinggi yang mampu menurunkan kadar asam urat.

Serat pada apel akan menyerap asam urat dari aliran darah serta menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh. Terlebih, apel juga mengandung asam malat yang cenderung dapat menetralisir efek asam urat dalam tubuh.

3. Aneka jeruk

Ilustrasi jeruk bali.Aneka buah jeruk yang kaya akan vitamin C dan asam nitrat bisa membantu menurunkan asam urat secara alami. Foto: Pixabay

Beberapa jenis buah citrus, termasuk buah jeruk dan lemon menjadi sumber vitamin C dan asam nitrat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kabar baiknya, buah-buahan citrus juga dapat membantu menjaga kadar asam urat yang sehat dalam tubuh. Kandungan dalam buah citrus secara alami dapat membuang kelebihan asam urat.

Bukan hanya dimakan secara utuh, namun buah-buahan citrus juga bisa dibuat menjadi jus. Melansir healthline.com (20/01), sebuah studi pada tahun 2017 menemukan jus ekstrak lemon dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Nikmat Ayam Geybok Bang Jarwo"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT