ADVERTISEMENT

Jangan Diteruskan! 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Merusak Ginjal

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 28 Okt 2022 07:00 WIB
Jangan Diteruskan! 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Merusak Ginjal
Foto: Getty Images
Jakarta -

Makanan yang dikonsumsi bisa berpengaruh terhadap tubuh, termasuk organ ginjal. Agar ginjal tetap sehat, tinggalkan 5 kebiasaan buruk ini.

Masih ramai berita tentang obat sirup yang ternyata berbahaya untuk kesehatan ginjal. Namun penyakit ginjal bukan hanya disebabkan oleh hal tersebut, melainkan juga karena kebiasaan makan yang buruk.

Ginjal sendiri menjadi organ penting yang bekerja sepanjang waktu dan berperan dalam membersihkan darah serta senyawa beracun yang berbahaya bagi tubuh sebelum kemudian dikeluarkan menjadi urin.

Mulai sekarang, sebaiknya mengurangi beberapa kebiasaan makan buruk yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal.

Merangkum hindustantimes.com (12/08), Dr Shri Ram Kabra selaku Direktur Nefrologi dan Pengobatan Transplantasi Ginjal di Rumah Sakit ORG Marengo Faridabad mengungkap 5 kebiasaan makan buruk yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan ginjal. Ini 5 daftarnya:

1. Konsumsi Garam Berlebih

Sering Ngidam Makanan Asin? Ini 5 Penyebab dan Cara Cegahnya.Mulailah kurangi makan asin berlebihan karena hal itu bisa mengancam kesehatan ginjal. Foto: Getty Images

Sebagian orang mungkin menyukai makanan yang asin. Mereka akan menambahkan garam yang cukup banyak pada masakannya atau akhirnya sering memakan camilan asin seperti camilan ringan atau keripik kentang.

Nyatanya, kebiasaan makan tersebut bisa mengancam kesehatan ginjal karena tidak hanya menghasilkan beban natrium berlebih, tetapi juga menyebabkan hipertensi.

Oleh karena itu, dianjurkan oleh Dr Shri Ram Kabra untuk mulai mengurangi makan yang terlalu asin dan fokus terhadap makanan segar yang rendah natrium. Kamu bisa mulai mengasup makanan seperti kembang kol, blueberry, seafood, dan gandum atau biji-bijian sehat.

2. Banyak Mengonsumsi Makanan Olahan

Terungkap! 7 Rahasia Kentang Goreng Enak Restoran Cepat SajiMakanan olahan memang enak dan praktis, tetapi makanan ini juga mampu merusak ginjal. Foto: Getty Images

Makanan olahan sering dikonsumsi karena enak dan praktis. Makanan olahan bisa berupa makanan cepat saji hingga makanan kemasan. Meskipun enak dan praktis, tetapi makanan olahan sarat akan natrium dan fosfor.

Pasien dengan penyakit ginjal harus menahan diri dari makan makanan olahan karena hal tersebut akan merusak ginjal sekaligus tulang.

3. Makan Terlalu Banyak Gula

Camilan Tidak Sehat yang Bikin Ngidam Makanan ManisMakanan manis yang mampu menyebabkan obesitas bisa juga mengarah terhadap penyakit ginjal. Foto: Getty Images

Bukan hanya makanan asin, mengonsumsi terlalu banyak makanan manis juga bisa berpengaruh terhadap kondisi ginjal. Makanan manis sangat bisa meningkatkan risiko penyakit obesitas.

Seseorang yang mengidap obesitas kemungkinan besar akan mengalami risiko tekanan darah tinggi dan diabetes. Kondisi ini juga mampu mengakibatkan penyakit ginjal.

Meskipun makanan manis menggiurkan dan punya rasa yang enak, namun konsumsinya harus dibatasi. Kurangi asupan gula mulai dari biskuit, kue, sereal kemasan, dan beberapa produk lain yang mengandung gula.



Simak Video "Sensasi Sajian Kelapa Muda yang Dibakar"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT