ADVERTISEMENT

Apa Benar Minum Air Kelapa Bisa Bersihkan Ginjal?

Tim detikfood - detikFood
Kamis, 27 Okt 2022 05:00 WIB
Manfaat air kelapa
Foto: iStock
Jakarta -

Air kelapa terkenal dengan beragam manfaat sehatnya. Selain menghidrasi tubuh, minum air kelapa disebut bagus untuk bersihkan ginjal. Benarkah hal ini?

Ginjal adalah organ vital yang punya banyak peran. Menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan untuk kondisi kesehatan jangka panjang.

Konsumsi beberapa jenis makanan dan minuman diyakini bagus untuk kesehatan ginjal. Salah satu yang banyak disebut, air kelapa.

Minum air kelapa disebut-sebut bisa membantu bersihkan ginjal. Mengutip CNN Indonesia (25/10), air kelapa seperti dijelaskan dalam laman Wexner Medical Center memang disebut punya banyak manfaat.

Air bening yang merupakan bagian dari buah kelapa ini rendah kalori dan rendah gula. Per 250 mililiter air kelapa hanya memiliki 45-60 kalori dengan 11-12 gram gula.

Air kelapa juga mengandung senyawa tanaman dan elektrolit seperti kalium, natrium, magnesium, dan fosfor. Karena kandungan cairan dan elektrolit ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air kelapa bermanfaat untuk rehidrasi setelah kehilangan cairan.

Berdasarkan studi pada 2018, konsumsi kelapa hijau dianggap cukup baik untuk kesehatan ginjal. Penelitian itu melihat partisipan yang kerap minum air kelapa hijau memiliki urin yang mengandung lebih banyak sitrat, potasium, dan klorida.

Dengan kata lain, air kelapa untuk membersihkan ginjal ada benarnya juga. Air kelapa hijau yang mereka minum membantu meluruhkan batu ginjal atau mencegah pembentukan batu ginjal.

Air Kelapa Tua Tak Kalah Nutrisinya dari Air Kelapa Hijau yang Diburu Saat PandemiAir Kelapa. Foto: Getty Images/iStockphoto/Alex Liew

Pengidap ginjal kronis perlu batasi konsumsi air kelapa

Meski konsumsi air kelapa disebut bisa bantu membersihkan ginjal, mereka yang memiliki masalah ginjal kronis justru tidak boleh meminum air kelapa terlalu banyak. Mengutip laman National KIdney Foundation of Hawaii, air kelapa mengandung 252 miligram natrium per porsinya.

Walau air kelapa adalah minuman yang aman dan sehat bagi kebanyakan orang, namun mereka yang memiliki penyakit ginjal harus membatasi konsumsi yang terlalu tinggi kalium.

Ingatlah, air kelapa mengandung kalium yang cukup tinggi. Asupan besar kalium pada pasien ginjal dapat menyebabkan hiperkalemia yang mengancam jiwa (terlalu banyak kalium dalam darah).



Simak Video "Menikmati Es Kelapa Kekinian di Island Golf PIK"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT