Ini Pola Makan Pemicu Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Dihindari

ADVERTISEMENT

Pola Makan Pemicu Kolesterol Tinggi

Ini Pola Makan Pemicu Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Dihindari

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 28 Sep 2022 17:00 WIB
Kolesterol
Foto: Getty Images/iStockphoto/x-reflexnaja
Jakarta -

Kolesterol tinggi biasanya dipicu oleh pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat. Ada beberapa makanan yang justru memicu kolesterol tinggi.

Kolesterol darah yang tinggi tidak bisa dianggap sebagai hal yang enteng. Kolesterol darah yang melebihi batas normal, bisa memicu berbagai penyakit yang berbahaya.

Tingginya kolesterol ini biasanya berasal dari makanan yang dikonsumsi orang sehari-hari. Memang ada beberapa makanan yang memicu kolesterol jahat pada tubuh (LDL).

Salah satu yang paling terkenal memicu kolesterol tinggi adalah konsumsi makanan berbahan dasar daging olahan. Seperti kornet, sosis, hot dog, hingga produk daging instan yang bisa meningkatkan sekitar 42% risiko penyakit jantung. Karena makanan-makanan ini yang bisa memicu kolesterol tinggi.

Kemudian ada juga makanan yang digoreng atau gorengan yang sebaiknya dihindari, guna menjaga kolesterol sehat. Karena makanan yang digoreng menggunakan minyak seperti kentang goreng, ayam goreng cepat saji, hingga aneka gorengan seperti bakwan dan risol berpotensi picu kolesterol.

Baca Juga: Benarkah Makan Es Krim Picu Kolesterol Tinggi?" selengkapnya

Mengapa? Karena minyak yang dipakai untuk menggoreng ini kebanyakan mengandung lemak trans.Karenanya ketika gorengan dimakan terus menerus, apalagi dalam jumlah yang cukup banyak bisa memicu naiknya kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Tak ketinggalan bagi orang-orang yang masih doyan konsumsi jeroan seperti limpa, hati, babat sapi, sampai paru sapi yang mengandung kolesterol tinggi. Tak hanya kurang sehat untuk tubuh, tapi juga bisa memicu asam urat tinggi

Selain pemilihan makanan yang memang memicu kolesterol. Pola makan juga berperang penting, bahkan sering menjadi penyebab utama tingginya kolesterol seseorang.

Misalnya pola makan seseorang yang terlalu banyak makan daging mentah. Dalam beberapa studi ilmiah, terbukti memang bahwa pola makan tinggi daging merah bisa menyebabkan penyakit jantung sampai obesitas, serta meningkatkan kolesterol.

Waspada! 5 Kebiasaan Makan Buruk Ini Picu Kolesterol TinggiWaspada! 5 Kebiasaan Makan Buruk Ini Picu Kolesterol Tinggi Foto: Getty Images/eclipse_images

Begitu juga dengan pola diet yo-yo, kondisi diet seseorang turun berat badannya tidak stabil. Naik turun dalam waktu singkat. Kondisi ini juga mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

Dalam ulasan kali ini DetikFood akan membahas secara tuntas tentang pola makan pemicu kolesterol tinggi, hingga cara menanganinya dengan pola makan yang lebih sehat. Termasuk rutin konsumsi buah tertentu untuk menurunkan kolesterol.

Untuk itu pantau terus artikel seputar pola makan pemicu kolesterol tinggi hanya di detikFood.

Baca Juga: Jika Dikonsumsi Rutin, 5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol" selengkapnya



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT