Jika Dikonsumsi Rutin, 5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 14 Jun 2022 10:30 WIB
Makanan untuk turunkan kolesterol
Foto: iStock
Jakarta -

Makanan yang dikonsumsi bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk mengatasi rutin konsumsi makanan ini bisa bantu turunkan kolesterol jahat secara alami.

Asupan makanan tentunya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Terlebih jika makan dengan pola makan yang tidak teratur, makanan berlemak atau gorengan dan gizi tak seimbang bisa berdampak buruk pada kesehatan. Seperti kenaikan kadar kolesterol darah.

Beberapa makanan olahan bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Jika tidak dicegah secepatnya, mungkin kolesterol itu akan berisiko tinggi menyebabkan penyakit berbahaya. Karenanya pola makan yang baik dan mengonsumsi makanan bernutrisi bisa membantu turunkan kolesterol jahat ini.

Dirangkum dari timesofindia.com (07/06), inilah 5 makanan ini bisa membantu turunkan kolesterol secara alami.

1. Oats

Makanan untuk turunkan kolesterolRutin mengonsumsi oats sebanyak 25-35 grams selama empat minggu diyakini dapat mengurangi kadar LDL (Low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat dalam tubuh. Foto: iStock

Oats adalah makanan yang terbuat dari gandum utuh. Rutin mengonsumsi oats sebanyak 25-35 grams selama empat minggu diyakini dapat mengurangi kadar LDL (Low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Ini karena oats kaya akan serat larut yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam aliran darah. Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, ternyata makanan ini juga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Oat bisa dikonsumsi dalam menu sehari-hari. Diolah menjadi smoothie dengan tambahan buah segar seperti stroberi, pisang dan madu alami.

2. Beragam jeruk

Buah-buahan citrus atau keluarga jeruk seperti jeruk dan lemon bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa jenis buah-buahan citrus ini memiliki serat larut yang tinggi, antioksidan, dan senyawa yang disebut pektin. Sehingga dengan rutin mengonsumsi buah-buahan citrus bisa membantu menurunkan kolesterol jahat secara alami.

3. Kacang-Kacangan

Makanan untuk turunkan kolesterolLaporan yang diterbitkan oleh Harvard mengklaim bahwa makan 56 gram kacang setiap hari dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Foto: iStock

Kacang-kacangan mengandung nutrisi yang baik untuk mengurangi kadar LDL (Low-density lipoprotein). Laporan yang diterbitkan oleh Harvard mengklaim bahwa makan 56 gram kacang setiap hari dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Ini karena kacang mengandung serat larut yang tinggi, kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan asal lemak omega-3. Rutin mengonsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus meningkatkan kesehatan jantung.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]