Rutin Konsumsi 7 Superfood Ini Bisa Membantu Tidur Lebih Lelap

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 09 Jun 2022 18:30 WIB
Makanan buat tidur lelap
Foto: iStock
Jakarta -

Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi ternyata bisa membuat tidur lebih berkualitas. Ahli kesehatan meyakini 7 superfood ini dapat membantu tidur lebih lelap.

Kualitas tidur yang baik tentu saja penting untuk kesehatan. Tidur yang baik juga akan mengurangi beberapa risiko penyakit seperti menjaga otak agar tetap sehat dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rata-rata waktu tidur yang direkomendasikan setiap malamnya sekitar 7 hingga 9 jam. Tetapi untuk beberapa orang mungkin akan lebih sulit mencapai waktu ini.

Mereka yang sulit untuk mencapai hal ini membutuhkan dorongan makanan yang bisa meningkatkan kualitas tidur. Meskipun ini bukan jaminan yang pasti, namun dengan mengonsumsi makanan bernutrisi ini sekaligus mampu memberikan dampak positif bagi tubuh.

Dirangkum dari metro.co.uk (02/06), menurut ahli kesehatan Birpal Virdee, berikut adalah 7 super food yang akan membantu tidur lebih nyenyak.

1. Kiwi

Makanan buat tidur lelapKiwi juga berpotensi meningkatkan kualitas tidur karena kandungan serotonin dan antioksidan yang jika dimakan sebelum tidur, buah ini dapat meningkatkan kualitas tidur. Foto: iStock

Buah kiwi adalah buah yang mengandung begitu banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral. Nutrisi ini bisa memainkan peran yang penting untuk mendukung kesehatan pencernaan, mengurangi inflamasi, hingga menurunkan kolesterol.

Tetapi selain manfaat itu, kiwi juga berpotensi meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena kiwi kaya akan serotonin dan antioksidan yang jika dimakan sebelum tidur, buah ini dapat meningkatkan kualitas tidur.

2. Alpukat

Alpukat benar-benar menjadi buah dengan nutrisi yang beragam. Alpukat adalah 'superfood' yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan magnesium pada alpukat dapat membantu merilekskan tubuh serta meningkatkan kualitas tidur. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung banyak potasium yang dapat meningkatkan efisiensi dan membuat tidur lebih nyenyak bebas dari gangguan.

3. Makanan Kaya Vitamin C

Makanan buat tidur lelapPenelitian juga telah menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi konsentrasi vitamin C lebih besar akan mendapatkan kualitas tidur lebih baik. Foto: iStock

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga dikenal dengan segudang manfaat lainnya.

Ahli kesehatan Birpal mengatakan bahwa vitamin C juga bermanfaat untuk mempromosikan kulit yang sehat, meningkatkan fungsi kognitif, menurunkan risiko tekanan darah tinggi, hingga ditemukan mampu membantu tidur agar lebih nyenyak.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi konsentrasi vitamin C lebih besar akan mendapatkan kualitas tidur lebih baik daripada mereka yang tidak.



Simak Video "Asam Segar Gado-gado Bon Bin yang Sudah Ada Sejak 1960"
[Gambas:Video 20detik]