Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Kamu Minum Kopi Sebelum Tidur

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 02 Jun 2022 18:30 WIB
Efek Minum Kopi Sebelum Tidur
Foto: iStock
Jakarta -

Ketika sudah memasuki malam, banyak orang yang memilih untuk minum kopi agar mereka terjaga. Selain bikin melek, ada juga efek lain terjadi pada tubuh.

Dilansir dari tastingtable.com (23/05), ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa alkohol dan kopi dapat membantu melewati usia 90 tahun. Sumber lain juga menghubungkan kafein dengan efek halusinasi.

Efek keduanya memang benar bisa terjadi. Kafein pada kopi juga bisa memberikan efek bersemangat. Namun besarnya kafein yang masuk dalam tubuh serta waktu konsumsi kafein juga tetap harus dipertimbangkan.

Hal terpenting jika ingin menikmati kafein yaitu dengan mengingat berapa jam dilakukan sebelum tidur. Kafein adalah zat alami yang ditemukan pada tanaman seperti biji kopi atau daun teh. Zat ini juga merupakan stimulan yang bekerja cepat dalam tubuh.

Kafein dalam tubuh bekerja merangsang saraf pusat, jantung, otot, dan tekanan darah. Setelah kafein tersebut masuk kedalam tubuh, kafein ini akan memiliki waktu hingga 5 jam dalam tubuh.

Efek Minum Kopi Sebelum TidurKafein pada kopi akan bekerja dalam tubuh untuk merangsang saraf pusat, jantung, otot, dan tekanan darah. Foto: iStock

Menurut Fakultas Kedokteran Universitas John Hopkins, dalam jumlah sedang, kafein menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Seperti melawan diabetes, gagal jantung stroke, kanker hati, penyakit saraf seperti Parkinson dan Alzheimer, bahkan bisa melindungi diri dari covid-19.

Namun jika kafein dikonsumsi terlalu banyak, justru malah menimbulkan efek yang negatif bagi kesehatan. Misalnya saja kegelisahan, insomnia, dehidrasi, kecemasan, hingga peningkatan detak jantung.

Minum kopi sebelum tidur bukanlah pilihan yang tepat. Ini karena kopi dapat mempengaruhi ritme jam tidur pada tubuh manusia. Menurut Sleep Foundation, ritme sirkadian seseorang adalah ritme 24 jam yang menentukan siklus tidur hingga bangun mereka.

Kafein inilah yang menjadi faktor penunda ke dalam jam biologis sehingga mampu mengurangi waktu tidur. Seperti penelitian yang dilakukan oleh science.org kepada lima orang. Selama 49 hari, penelitian ini mengamati bahwa minum dua shot espresso dalam waktu tiga jam sebelum tidur akan mengubah ritme sirkadian secara alami.

Laporan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur dapat mengurangi waktu tidur sebanyak satu jam penuh.

Efek Minum Kopi Sebelum TidurRitme sirkadian ini sebenarnya ritme yang akan mengatur metabolisme seseorang. Jika kafein mempengaruhi ritme sirkadian, tentunya hal itu juga akan berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh. Foto: iStock

Ritme sirkadian ini sebenarnya ritme yang akan mengatur metabolisme seseorang. Jika kafein mempengaruhi ritme sirkadian, tentunya hal itu juga akan berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh. Selain itu ritme sirkadian yang terganggu atau tidak teratur juga akan menyebabkan obesitas.

Karena itu untuk mempertahankan ritme sirkadian agar konsisten, asupan kafein dalam tubuh juga perlu untuk diperhatikan. Menurut Better Health, kopi hitam yang biasa dikonsumsi pagi hari mengandung 80-120 mg kafein, latte mengandung 110 mg. Sedangkan secangkir teh sebelum tidur juga mengandung 105 mg kafein.

Sebelum dampak negatif itu muncul, lebih baik untuk mempertimbangkan terlebih dahulu waktu minum kopi dan jumlah kafein yang akan masuk ke dalam tubuh agar kesehatan tetap terjaga.



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)