Macchiato Jadi Menu Kopi Populer, Apa Bedanya dengan Cappuccino?

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 25 Mei 2022 05:00 WIB
Macchiato dan Cappuccino
Foto: Getty Images
Jakarta -

Menu macchiato kini tengah populer. Tak hanya kopi, beberapa minuman lain pun menggunakan sebutan ini. Lantas apakah macchiato beda dengan varian kopi lain?

Jika pergi ke kafe atau coffeeshop, menu macchiato pasti selalu ada bersamaan dengan varian kopi lainnya seperti cappuccino dan latte.

Namun akhir-akhir ini macchiato tak hanya ditemukan pada minuman berbasis kopi, tetapi juga banyak ditemukan di beberapa minuman lain seperti macchiato karamel, matcha macchiato dan strawberry macchiato.

Lalu apa sebenarnya macchiato dan apa bedanya dengan racikan yang lainnya? Berikut ini penjelasan pakar kopi Andreas Willhoff yang dilansir dari RD (30/03).


1. Macchiato dibuat dari 2 bahan

Istilah macchiato berasal dari Italia. Andreas Willhoff mengungkapkan pemahamannya bahwa macchiato biasa dikonsumsi sore hari sedangkan cappucino dikonsumsi pagi hari.

Jika espresso biasa dianggap sebagai kopi hitam, macchiato bisa dianggap seperti kopi hitam yang ditambahkan sedikit krim. Macchiato tradisional hanya dibuat dari dua bahan yaitu espresso dengan sedikit busa di atasnya.

Macchiato dan CappuccinoJika espresso biasa dianggap sebagai kopi hitam, macchiato bisa dianggap seperti kopi hitam yang ditambahkan sedikit krim. Foto: iStock

Dalam bahasa italia kata 'macchiato' bisa diterjemahkan menjadi "bernoda" atau "ditandai" yang berarti ditandai dengan busanya tersebut.

Di Italia, macchiato dibuat dengan satu shot espresso dengan sedikit busa di atasnya. Sementara jika di Amerika Serikat, sebagian besar kedai kopi membuat macchiato dengan dua shot espresso.

2. Beda Macchiato dengan Latte dan Cappuccino

Jika sebagian orang tidak bisa membedakan antara macchiato dengan cappucino, hal ini sangatlah wajar. Karena cappuccino sama-sama dibuat dengan menggunakan espresso dan susu berbusa.

Yang membedakan antara keduanya hanyalah jumlah krim busa di atasnya. Ada lebih banyak busa yang ditemukan pada cappuccino sekitar 4 hingga 5 oz. Sementara macchiato memiliki busa yang lebih sedikit.

Macchiato dan CappuccinoAda lebih banyak busa yang ditemukan pada cappuccino sekitar 4 hingga 5 oz. Foto: Getty Images


Sedangkan latte sebenarnya sama saja, namun rasio bahannya berbeda. Latte terbuat dari susu yang dimasak dengan tambahan espresso.

Dengan tren gaya hidup sehat, saat ini banyak kedai kopi yang sudah menyediakan berbagai pilihan susu seperti almond, oat, dan kedelai. Tentu saja susu pada macchiato bisa diganti dengan susu pilihan.

Macchiato sendiri memiliki beberapa jenis tergantung kedai kopinya. Ada beberapa kedai yang menawarkan espresso macchiato atau latte macchiato.

Jika espresso macchiato adalah versi tradisional, maka latte macchiato adalah versi Amerika yang lebih umum dikenal. Namun keduanya tetap saja dilapisi dengan busa susu di atasnya.

Macchiato dan CappuccinoBerbagai jenis macchiato yang umum ditemukan sebenarnya tetap menggunakan kopi. Namun yang membedakan hanyalah variasi bahan yang digunakan seperti matcha. Foto: Getty Images



Berbagai jenis macchiato yang umum ditemukan sebenarnya tetap menggunakan kopi. Namun yang membedakan hanyalah variasi bahan yang digunakan. Beberapa macchiato menggunakan campuran pilihan seperti sirup caramel, vanilla, strawberry, atau bahkan matcha.



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]