5 Kebiasaan Sarapan utuk Jaga Kadar Gula Darah Sehat

ADVERTISEMENT

5 Kebiasaan Sarapan utuk Jaga Kadar Gula Darah Sehat

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 28 Okt 2022 05:00 WIB
Bye Perut Buncit! Contek 7 Kebiasaan Sarapan dari Pakar Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/samael334
Jakarta -

Menjalani pola makan sehat adalah kunci dalam menjaga kadar gula darah yang sehat pula. Coba ikuti 5 kebiasaan sarapan ini untuk kamu yang punya masalah gula darah.

Kebiasaan sehari-hari bisa menentukan kesehatan seseorang, termasuk gaya hidup. Mulai dari kebiasaan saat baru bangun tidur, sebelum tidur, hingga sepanjang hari, semuanya bisa berkontribusi pada kadar gula darah. Jika kadar gula darah terlalu tinggi, hal ini membahayakan kesehatan seperti memicu diabetes, penyakit ginjal, hingga jantung.

Faktor gaya hidup lain seperti olahraga hingga hidrasi juga mempengaruhi kadar gula darah. Karena itu, lebih baik memulai hari dengan kebiasaan makan pagi yang sehat.

Merangkum eatthis.com (22/10), berikut 5 kebiasaan sarapan untuk menjaga kadar gula darah tetap sehat:

1. Minum Air Putih

Ini 7 Waktu Minum Air Putih dan Takaran Tepat Menurut Ahli GiziMinum air wajib dilakukan di pagi hari agar tubuh tetap terhidrasi sehingga bisa mengurangi kadar gula darah. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan ketika baru bangun tidur yaitu minum air putih. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, itu bisa mengurangi kadar gula darah dengan cara mengencerkan jumlah gula dalam aliran darah. Karena, masalah gula darah tinggi dan kondisi dehidrasi disebut pakar kesehatan berkaitan.

Ahli gizi Justine Chan, MHSc, RD, CDE mengungkap bahwa minum air putih bisa mencegah kadar gula dalam darah lebih terkonsentrasi. Jika kita banyak minum air putih, itu juga mampu mengelola keinginan dan mengurangi asupan minuman manis yang tentu lebih baik.

2. Sarapan

Bye Perut Buncit! Contek 7 Kebiasaan Sarapan dari Pakar IniKebiasaan sarapan juga mempengaruhi kadar gula darah. Sebaiknya sarapan tetap dilakukan tapi dengan mengonsumsi makanan seimbang. Foto: Getty Images/iStockphoto/samael334

Kebiasaan sarapan bisa bantu menstabilkan kadar gula darah. Beberapa orang memperhatikan jika semakin lama mereka tidak makan, maka kadar gula darah akan semakin meningkat.

Proses ini disebut sebagai gluconeogenesis atau proses pembuatan gula darah yang disimpan di hati untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi meskipun tidak makan.

Sementara, Patricia Kolesa, MS, RDN selaku ahli gizi mengungkap jika seseorang tidak makan dalam jangka waktu yang lama, hal itu justru akan membuat tubuh menjadi stress sehingga menyebabkan gula darah naik.

Ketika bangun di pagi hari, gula darah mungkin bisa meningkat, sehingga sarapan seimbang akan menstabilkan bahkan menurunkan kadar gula darah itu.

Untuk itu, jadikanlah sarapan pagi sebagai kebiasaan sehari-hari karena hal itu akan menjaga kadar gula darah tetap seimbang dan memiliki efek lebih besar untuk menstabilkannya sepanjang hari.

Ketika sarapan, pastikan juga mengasup makanan bergizi seimbang. Kourtney Johnson menambahkan rekomendasi sarapan yang baik yaitu dengan adanya serat dan protein ke sumber karbohidrat untuk mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT