Minum Kopi Baik atau Buruk untuk Ginjal? Ini Kata Pakar

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Minum Kopi Baik atau Buruk untuk Ginjal? Ini Kata Pakar

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 21 Okt 2022 07:30 WIB
Minum Kopi Baik atau Buruk untuk Ginjal? Ini Kata Pakar
Foto: Getty Images
Jakarta -

Kafein pada kopi memang bisa memberikan dorongan energi pada tubuh. Namun apakah kopi juga baik untuk kesehatan organ hati dan ginjal? Ini penjelasannya.

Kopi adalah minuman yang saat ini tengah digemari oleh banyak orang. Karena manfaat yang terkandung didalamnya itu, akhirnya kopi sering juga dijadikan minuman sehari-hari.

Banyak orang lebih fokus terhadap manfaat kopi, namun mereka kurang tahu jelas tentang pengaruh kopi terhadap tubuh. Karena, minuman berkafein itu juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Kopi bisa mempengaruhi berbagai macam organ dalam tubuh termasuk organ hati dan ginjal. Lantas, apakah kopi sebenarnya baik atau justru mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan hati dan ginjal? Merangkum goodrx.com (15/06), berikut penjelasannya.

1. Pengaruh Kopi bagi Tubuh

Minum Kopi Baik atau Buruk untuk Ginjal? Ini Kata PakarAsupan makanan atau minuman apapun bisa mempengaruhi kondisi tubuh, termasuk juga kopi. Foto: Getty Images

Semua minuman dan makanan yang dikonsumsi, tentu saja akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Baik itu makanan atau minuman sehat, tidak sehat, maupun minuman seperti kopi.

Tentunya, zat-zat yang terkandung di dalam kopi bisa berpengaruh dan berperan secara aktif pada kesehatan organ-organ dalam tubuh.

Seperti kandungan stimulan yang akan berdampak langsung pada otak, untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi lelah. Untuk itu, kopi sering diminum pagi hari karena kandungan kafein yang berperan sebagai stimulan tersebut.

Selain kafein, kopi juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dengan mengikat radikal bebas yang mampu menyebabkan kerusakan sel.

Sementara, kopi juga berpengaruh terhadap pencernaan atau saluran gastrointestinal (GI). Secara umum, kopi akan menyebabkan makanan bergerak melalui sistem pencernaan lebih cepat. Itulah yang menyebabkan mengapa sehabis minum kopi, banyak orang yang mengalami sakit perut.

Itu semua mungkin pengaruh baik kopi terhadap beberapa bagian tubuh tertentu. Namun bagaimana dengan efek kopi pada hati dan ginjal?

2. Bagaimana Kopi Mempengaruhi Hati?

Minum Kopi Baik atau Buruk untuk Ginjal? Ini Kata PakarBeberapa orang meragukan pengaruh kopi terhadap hati. Nyatanya menurut penelitian, kopi justru bisa mencegah penyakit hati. Foto: Getty Images

Hati adalah organ vital. Mereka akan bekerja untuk melakukan 500 fungsi berbeda. Seperti; mengubah protein, karbohidrat, lemak dari makanan menjadi energi, membuat protein, enzim dan bahan kimia, obat metabolisme, hingga membersihkan darah dari racun.

Dengan banyaknya pekerjaan yang dilakukan oleh hati tersebut, tentunya menjadi penting untuk menjaga kesehatan hati.

Kabar baiknya, penelitian menunjukkan bahwa kopi mampu mencegah penyakit hati yang sebagian besarnya karena kandungan antioksidan tersebut.

Studi lainnya yang dilakukan pada tahun 2021 juga menemukan kaitan antara kebiasaan minum kopi dengan risiko penyakit hati yang justru lebih rendah. Adapun penelitian yang menunjukkan keterkaitan kopi dengan risiko yang lebih rendah terhadap perkembangan sirosis yaitu jaringan perut pada hati dan kanker hati.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT