Pengganti Sirup Obat Batuk! 7 Minuman Alami Ini Ampuh Redakan Batuk

ADVERTISEMENT

Pengganti Sirup Obat Batuk! 7 Minuman Alami Ini Ampuh Redakan Batuk

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 19 Okt 2022 16:00 WIB
Pengganti Sirup Obat Batuk! 7 Minuman Alami Ini Ampuh Redakan Batuk
Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra
Jakarta -

Mengatasi batuk bisa dengan cara alami, tanpa konsumsi sirup obat batuk yang kini tengah jadi sorotan. Yuk racik minuman alami pereda batuk pakai bahan-bahan ini.

Sirup obat batuk kerap jadi jalan pintas untuk mengobati masalah batuk pada anak maupun orang dewasa. Namun sebelum mengonsumsi obat yang mengandung bahan kimia itu, kamu bisa coba mengatasinya dengan bantuan bahan alami.

Bahan alami berupa buah, herba, hingga rempah ini mudah didapat dan diracik jadi minuman pereda batuk. Kandungan nutrisinya disebut pakar mampu mengurangi intensitas batuk sekaligus bikin tenggorokan lebih nyaman.

Mengutip berbagai sumber, ini 7 minuman alami pereda batuk yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

1. Air jahe hangat

Jahe sejak lama diyakini sebagai rempah kaya khasiat, terutama untuk meredakan batuk. Jahe bersifat antiinflamasi dan senyawa di dalamnya mampu melebarkan pembuluh darah paru-paru dan mengendurkan otot polos yang memicu terbukanya saluran udara. Nafas pun jadi lebih plong.

Untuk membuat air jahe hangat, bisa menggunakan jahe segar yang tua umbinya. Rebus jahe dengan air hingga mendidih. Cara lengkap membuat air jahe hangat ada DI SINI.

2. Air garam

Nasehat nenek moyang sejak dulu adalah atasi batuk dengan kumur air garam. Tak sekadar nasehat, secara ilmiah, cara sederhana ini memang ampuh redakan batuk dan tenggorokan gatal.

Garam bersifat membunuh bakteri sekaligus melindungi gusi. Coba kumur air garam selama beberapa saat ketika sedang batuk. Lakukan rutin jika ingin khasiatnya terasa. Kamu juga bisa menambahkan sejumput bubuk kunyit untuk manfaat tambahan.

3. Air lemon hangat

Pengganti Sirup Obat Batuk! 7 Minuman Alami Ini Ampuh Redakan BatukFoto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra

Minuman alami pereda batuk selanjutnya, air lemon. Cara bikinnya gampang, kamu hanya perlu memeras air buah jeruk ini dan mencampurkannya dengan segelas air hangat.

Lemon adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik. Dua nutrisi ini sangat penting agar batuk bisa lebih cepat pulih. Lemon juga mampu meningkatkan imunitas tubuh, serta berperan penting dalam hal perbaikan DNA serta produksi serotonin.

4. Jus nanas dengan madu

Belum banyak orang tahu kalau nanas juga bagus dikonsumsi untuk meredakan batuk dan flu. Nanas mengandung vitamin C alami yang bantu mendorong imunitas tubuh sehingga batuk lebih cepat teratasi.

Selain itu, enzim bromelain pada nanas bersifat antiinflamasi dan mukolitik (memecah lendir). Dua karakteristik ini berperan penting untuk meredakan batuk parah. Untuk mengonsumsinya, buat jus nanas dengan tambahan pemanis alami berupa madu.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Kuah Tom Yam Autentik Khas Thailand"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT