ADVERTISEMENT

Sakit Tenggorokan? Coba Atasi dengan Minum 5 Teh Enak Ini

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 21 Sep 2022 05:00 WIB
Sakit Tenggorokan? Coba Atasi dengan Minum 5 Teh Enak Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/Everyday better to do everything
Jakarta -

Peralihan musim membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit, salah satunya sakit tenggorokan yang mulai merebak. Lima teh yang enak ini cocok untuk mengatasinya.

Pancaroba merupakan masa peralihan musim antara hujan dan kemarau maupun sebaliknya. Curah hujan yang kini mulai tinggi menandakan bahwa perubahan musim mulai berlangsung.

Akibat pancaroba tidak sedikit orang-orang yang alami gangguan kesehatan. Sakit tenggorokan, batuk hingga flu menjadi keluhan yang kini banyak dialami.

Ternyata untuk melegakan tenggorokan yang sakit bisa diatasi dengan cara mengonsumsi teh yang enak. Minuman ini bukan terbuat dari daun Camellia sinensis, melainkan aneka rempah dan herba yang diseduh air hangat layaknya teh.

Berikut ini 5 teh yang ampuh untuk atasi sakit tenggorokan menurut Artful Tea (10/8):

Sakit Tenggorokan? Coba Atasi dengan Minum 5 Teh Enak IniKaya akan komponen alami untuk tubuh, teh kunyit baik untuk meredakan sakit tenggorokan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Everyday better to do everything

1. Teh kunyit

Kunyit sudah dipercaya sebagai obat herbal alami yang ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Kunyit juga diketahui berkhasiat untuk mengatasi rasa sakit pada tenggorokan.

Di dalam kunyit terdapat komponen bernama kurkumin yang memiliki sifat antibakteri, antimikroba dan antivirus. Selain menenangkan tenggorokan, kunyit juga dapat meredakan inflamasi, meningkatkan konsentrasi, hingga membuat perasaan lebih senang.

Jika ingin memanfaatkan kunyit untuk meredakan sakit tenggorokan, cukup seduh kunyit dengan air panas atau merebusnya seperti teh. Rasanya memang akan sedikit langu tetapi efeknya akan terasa dalam waktu singkat.

2. Teh peppermint

Teh peppermint menjadi salah satu jenis teh populer dan banyak penggemarnya. Selain menghangatkan tubuh, teh peppermint juga dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan.

Peppermint memiliki kandungan menthol yang ketika ditelan dapat memberikan efek mendinginkan dan menenangkan tenggorokan yang sakit. Selain itu konsumsi teh peppermint juga dapat membantu melancarkan pencernaan serta mengurangi stress.

Teh peppermint dianjurkan oleh ahli untuk dinikmati tepat sebelum tidur malam. Untuk mendapatkan khasiatnya lebih efektif, minum teh peppermint sebaiknya dinikmati selagi hangat.

Teh untuk sakit tenggorokan lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT