ADVERTISEMENT

5 Makanan Ini Bisa Pulihkan Daya Tahan Tubuh Penderita Cacar Monyet

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 23 Agu 2022 05:00 WIB
Makanan untuk sembuhkan cacar monyet
Foto: iStock
Jakarta -

Penyakit cacar monyet atau monkeypox sudah terdeteksi di Indonesia. Penyakit ini bisa lebih cepat pulih dengan konsumsi makanan penambah imunitas ini.

Cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini bisa menyebabkan ruam dan gatal di kulit. Selain itu, orang yang mengidap mengalami berbagai gejala.

Mulai dari demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening hingga kelelahan yang berkepanjangan bahkan hingga 2-3 minggu.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menetapkan penyakit cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Dan penyakit ini sudah terdeteksi ada di Indonesia.

Satu orang di Jawa Tengah sudah terkonfirmasi terkena cacar monyet. Penyakit ini bisa lebih cepat pulih dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

Dilansir dari Times of India (26/07/22) berikut 5 makanan untuk pemulihan cacar monyet:

1. Telur

Makanan untuk sembuhkan cacar monyetSelain protein, telur kaya akan selenium, nutrisi penting yang melindungi dari kerusakan oksidatif dan infeksi. Foto: iStock

Makanan yang dapat mempercepat proses penyembuhan cacar monyet adalah makanan yang tinggi protein. Salah satunya dapat mengonsumsi telur.

Selain protein, telur kaya akan selenium, nutrisi penting yang melindungi dari kerusakan oksidatif dan infeksi. Tak hanya telur, juga bisa mengonsumsi yogurt, kedelai dan keju.

Baca Juga: 7 Pola Makan untuk Pasien Omicron Agar Cepat Pulih

2. Pepaya

Makanan untuk sembuhkan cacar monyetPepaya mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Foto: iStock

Pepaya mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Vitamin C itu yang akan berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga mendukung fungsi seluler.

Kandungan vitamin C juga berperan sebagai antioksidan sehingga bisa melawan patogen dan meningkatkan pemulihan ketika sakit dan mengidap cacar monyet.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT