Rutin Minum Kopi Hitam Terbukti Turunkan Risiko Tertular Covid-19, Ini Kata Ahli

Devi Setya - detikFood
Senin, 21 Feb 2022 05:00 WIB
Minum Kopi Hitam Terbukti Turunkan Risiko Tertular Covid-19
Foto: Getty Images/iStockphoto/STUDIO250
Jakarta -

Cara paling ampuh menangkal virus Covid-19 adalah dengan memperkuat imunitas tubuh. Sebuah penelitian mengungkap minum kopi terbukti menurunkan risiko penularan virus Covid-19.

Kurang lebih dua tahun sudah virus Covid-19 menjadi pandemi global. Selain mencari obat untuk menyembuhkan virus ini, banyak juga yang mencari tahu cara alami untuk menangkal dan mencegah penyebaran virus Covid-19 ini.

Covid-19 sebenarnya tidak mudah menular pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh kuat. Oleh karenanya sangat penting menjaga kesehatan dengan cara menjalankan pola hidup dan pola makan sehat.

Minum Kopi Hitam Terbukti Turunkan Risiko Tertular Covid-19Ilustrasi secangkir kopi hitam Foto: Getty Images/iStockphoto/STUDIO250

Namun baru-baru ini ditemukan fakta bahwa minum kopi bisa membantu mencegah Covid-19. Dilansir dari Tasting Table (20/2) dengan rutin minum kopi secara tepat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko tertular Covid-19.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Northwestern University mengungkap setidaknya satu cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko terkena Covid-19 hingga 10%. Hal ini memberikan efek yang sama ketika kamu mengonsumsi setengah porsi sayuran, kecuali kentang.

Sementara ketika kamu makan daging olahan, justru memperbesar risiko paparan Covid-19. Penelitian ini difokuskan pada mereka yang sudah melakukan tes virus corona dengan hasil positif.

Profesor di Universitas Northwestern, Marilyn Cornelis mengatakan kandungan kafein dalam kopi menjadi kandungan yang diduga melawan virus Covid-19.

"Kafein atau bisa jadi unsur lain dari kopi yang unik dan membuatnya berbeda dari teh. Misalnya, teh mengandung flavonoid. Sedangkan pada kopi lebih banyak polifenol, khususnya asam klorogenat. Ini telah terbukti memberikan pengaruh positif pada penyakit lain yang tidak terkait dengan Covid-19 tetapi tidak menutup kemungkinan adanya pengaruh untuk virus Covid-19," jelasnya kepada WebMD.

Meskipun kafein berefek pada kekuatan sistem kekebalan tubuh namun penting juga untuk mengasup makanan tinggi nutrisi. Ketika tubuh mendapat nutrisi yang baik maka sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah terpapar penyakit, termasuk virus Covid-19.

"Nutrisi seseorang berdampak pada kekebalan tubuh," kata Cornelis. "Dan sistem kekebalan memainkan peran kunci dalam kerentanan dan respons individu terhadap penyakit menular, termasuk Covid-19."

Meskipun kandungan alami dalam kopi mampu memperkuat sistem imun dan menjaga tubuh dari paparan virus Covid-19 tapi bukan berarti kamu bisa langsung minum kopi sebanyak-banyaknya. Kopi tetaplah harus dikonsumsi sesuai porsi yang dianjurkan.

Menurut Mayo Clinic (20/2) batas konsumsi kafein yang terbilang aman untuk sebagian besar orang dewasa adalah 400 miligram (mg). Kafein sebanyak ini kira-kira setara dengan 4 cangkir kopi. Namun ada juga penelitian yang menyebut kalau 4 cangkir kopi per hari adalah porsi yang berlebihan.

Minum Kopi Hitam Terbukti Turunkan Risiko Tertular Covid-19Seorang wanita minum kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/STUDIO250

Idealnya kamu bisa mengonsumsi 2-3 cangkir kopi per hari. Pastikan juga kopi yang kamu nikmati ini adalah kopi hitam tanpa tambahan gula atau bahan lainnya.

Selain kopi, penting juga menjaga kekebalan tubuh dengan mengasup makanan alami yang tinggi nutrisi.

Dr Karen Studer, kepala program pencegahan dan pengobatan dari California Loma Linda University mengatakan bahwa makanan nabati seperti sayuran dan buah-buahan mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

"Manfaat dari makanan utuh, pola makan nabati yang sebagian besar buah-buahan dan sayuran dan biji-bijian akan melindungi Anda dari banyak penyakit. Ini menarik karena sepertinya ini berpengaruh untuk penyakit menular seperti COVID-19 juga," ungkapnya.



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)