Viral Campuran Teh Hijau dan Lemon Sembuhkan COVID-19, Ini Kata Ahli

Tim Detikfood - detikFood Jumat, 08 Jan 2021 06:32 WIB
Cup of tea, mint leaves, lemon slices and brown sugar Foto: Istock
Jakarta -

Tersebar lewat media sosial, campuran teh hijau dan lemon bisa efektif menjadi obat COVID-19. Apakah benar campuran tersebut efektif obati COVID-19?

Lebih lanjut, pengunggah di medial sosial FB itu juga menyebutkan bahwa obat tersebut merupakan satu resep rahasia. Informasi itu didapatkan dari Vietnam, yang turut dikatakan mampu dan berhasil mengatasi COVID-19.

Perlu diketahui, hal tersebut tak terbukti benar. Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi yang dibagikan oleh akun tersebut merupakan narasi modifikasi dari kabar yang sudah pernah diperiksa di turnbackhoax.id dan faktanya, informasi tersebut terbukti hoaks atau berita bohong.

Selain itu, hingga kini pun belum ada bukti serta fakta ilmiah yang menyatakan bahwa resep obat campuran teh hijau dengan lemon tersebut dapat mengatasi COVID-19.

Racikan Teh Lemon dan Kayu Manis Cocok untuk Penderita DiabetesRacikan Teh Lemon Sembuhkan COVID-19. Foto: iStock

Dikutip dari covid19.go.id, Ahli Gizi Stefania Widya Setyaningtyas S.Gz., M.PH., mengatakan bahwa lemon yang dapat mengubah pH tubuh dan membuat virus tidak dapat bertahan merupakan hal yang tidak benar.

"Hal ini tidak benar, pH tubuh diatur oleh suatu mekanisme kompleks yang tidak akan berubah hanya karena kita mengonsumsi makanan," tuturnya.

Selain lemon, pernyataan lain yang mengatakan bahwa teh hijau dianggap dapat mencegah infeksi COVID-19 juga dibantah oleh Stefania. Sama seperti sebelumnya, hal ini belum sepenuhnya terbukti benar.

"Walaupun cukup menjanjikan, hal ini belum terbukti. Hingga saat ini belum ada bukti dari penelitian yang sahih terkait manfaat teh pada pencegahan maupunpengobatan penyakit infeksi," ungkap Stefania.

Terkait keberhasilan Vietnam dalam mengatasi COVID-19, itu bukan disebabkan oleh konsumsi teh hijau atau varian teh lainnya dicampur dengan lemon. Namun itu menjadi bukti atas kebijakan pemerintahnya yang cepat tanggap, yakni menerapkan karantina atau isolasi dan pelacakan yang ketat sejak saat Februari 2020.

Sementara itu apabila kamu terinfeksi COVID-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di rumah, berikut hal-hal yang bisa dilakukan. Baca petunjuknya DI SINI !



Simak Video "Bikin Laper: Nikmati Serabi Notosuman di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com