9 Manfaat Sehat Jus Jeruk Jika Rutin Diminum Tiap Pagi

Odilia WS - detikFood Rabu, 06 Jan 2021 07:00 WIB
Manfaat Jus Jeruk Foto: iStock
Jakarta -

Jus jeruk murni yang dikonsumsi rutin saat sarapan punya banyak khasiat sehat. Membuat kulit mulus, cegah penyakit ginjal hingga memperkuat imunitas tubuh.

Jus jeruk atau orange juice atau populer dengan sebutan OJ merupakan air jeruk murni tanpa tambahan air, es ataupun gula. Jus ini berupa air yang keluar saat jeruk jenis navel diperas.

Saking populernya OJ jadi menu wajib sarapan orang Amerika. Tak sekedar mencerahkan pagi saat sarapan, rupanya jus jeruk segar ini sejak dulu dikenal akan beragam manfaatnya untuk kesehatan organ tubuh.

Rasanya yang asam segar dan mudah disiapkan membuat jus jeruk jadi minuman paling populer di dunia. yang dimaksud di sini adalah jus dari buah jeruk asli, tanpa tambahan bahan apapun atau jus jeruk segar dan murni.

Menurut berbagai sumber, berikut ini 9 manfaat sehat jus jeruk murni yang bakal didapat jika dikonsumsi rutin.


1. Memperkuat imunitas tubuh

Jus jeruk murni atau 100% bisa memperkuat imunitas tubuh. Ini karena jus jeruk mengandung banyak vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin C.

Jeruk juga dikenal akan kandungan asam askorbat, komponen kolagen yang dapat memperbarui sel dan merangsang tumbuhnya jaringan ikat pada tubuh. Dengan 2 zat gizi jus jeruk bisa membantu melawa penyakit.

2. Menyehatkan pencernaan

Cair memiliki fungsi penting untuk memperlancar proses pencernaan. Selain air, jus jeruk segar bisa memberi asupan air dan serat. Satu buah jeruk kecil mengandung 3 g serat.

Serat diperlukan dalam proses pencernaan sebagai pembersih usus. Studi menyebutkan minum jus jeruk tiap hari bisa mencegah konstipasi atau sembelit. Sebaiknya dikonsumsi teratur agar manfaatnya maksimal.

3. Menurunkan risiko kanker

Konsumsi vitamin C dalam jumlah banyak belum terbukti bisa mengobati kanker. Namun saat disuntikkan pada pasien bisa memberi hasil bagus melawan penyakit.

Dilaporkan dalam penelitian vitamin C bisa mengurangi risiko kanker mulut, kerongkongan dan perut hingga lebih dari 40%. Ini karena jeruk mengandung serat, potasium dan flavonoid.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Gurih Segar Gurame Kecombrang yang Nendang Abis"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com