5 Manfaat Sehat Madu Untuk Jaga Sistem Imun hingga Obati Batuk

Devi Setya - detikFood Rabu, 04 Mei 2022 05:00 WIB
Jar with honey and linden flowers on a wooden background Foto: iStock
Jakarta -

Madu punya rasa yang manis sehingga banyak dijadikan pengganti gula. Namun bukan hanya manis, madu juga punya segudang manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan rutin.

Jika kamu sering minum teh dengan tambahan madu setiap pagi, artinya kamu sudah membantu menjaga kesehatan tubuh. Madu memiliki banyak manfaat ketika dikonsumsi secara terus-menerus.

Cairan kental yang rasanya manis ini diproduksi secara alami oleh lebah. Madu mengandung protein, karbohidrat, kalsium hingga zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dilansir dari Eat This Not That (1/5) berikut beberapa manfaat sehat madu:


1. Membantu mengurangi peradangan

Lisa Andrews, MEd, RD, LD, Pemilik Sound Bites Nutrition, mengatakan bahwa salah satu efek samping yang mengejutkan dari madu adalah dapat membantu mengurangi peradangan. "Madu memiliki sifat anti-inflamasi dengan menurunkan kadar prostaglandin dalam darah."

Menurut sebuah studi yang dilakukan International Journal of Research and Review, madu alami yang belum diproses atau disaring, terbukti mengurangi dismenore atau nyeri haid. Madu juga berkhasiat mengurangi berbagai gejala dan gangguan pada sistem pencernaan.

5 Makanan Ini Bikin Batuk Makin ParahSalah satu manfaat madu dapat meredakan batuk Foto: Getty Images/iStockphoto/LarisaBlinova

2. Meredakan batuk

Jika kamu memiliki keluhan batuk yang tak kunjung reda meskipun sudah mengonsumsi berbagai obat, cobalah untuk minum madu. Madu berkhasiat mengobati masalah pada saluran pernapasan sehingga mampu meredam batuk.

"Mengkonsumsi madu dapat membantu mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas termasuk batuk," kata Andrews. Menurut Mayo Clinic, penelitian menunjukkan bahwa madu bekerja lebih baik dibandingkan obat batuk yang mengandung dekstrometorfan. Selain dikonsumsi langsung, madu juga dijadikan campuran pada teh.

3. Mengobati sakit perut

Ahli gizi Lauren O'Connor, MS, RDN, RYT, yang juga penulis buku Healthy Cooking for One mengatakan bahwa madu dapat membantu meringankan berbagai masalah pada perut. Masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan perut melilit bisa diobati dengan rutin mengonsumsi madu.

Madu juga membantu meringankan masalah pada lambung. Jadi jika merasakan sakit pada bagian perut, cobalah minum madu sebagai obat alami untuk berbagai keluhan di perut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ayam Bakar Madu Viral dan Kisahnya yang Inspiratif"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com