5 Manfaat Makan Kurma Tiap Hari, Jaga Imunitas dan Sehatkan Pencernaan

Devi Setya - detikFood Kamis, 21 Apr 2022 05:00 WIB
Kurma Foto: Getty Images/iStockphoto/barmalini
Jakarta -

Kurma termasuk buah istimewa karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Kurma juga bisa dikonsumsi setiap hari dan siap memberikan beragam manfaat kesehatan.

Saat bulan Ramadan, kurma menjadi buah yang paling populer. Umat muslim biasanya menjadikan kurma sebagai menu saat sahur maupun berbuka puasa. Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW yang menyantap kurma saat sahur dan berbuka puasa.

Bukan hanya enak, kurma juga mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan gula alami dalam kurma bisa diolah menjadi energi, sementara kandungan seratnya mampu melancarkan sistem pencernaan.

Dilansir dari berbagai sumber, kurma juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kronis seperti jantung dan kanker karena mengandung antioksidan. Rasanya yang manis dan bertekstur lembut menjadikan kurma cocok ditambahkan dalam berbagai makanan maupun minuman.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kamu makan kurma setiap hari:

1. Mengandung kalori tinggi

Kurma termasuk jenis buah yang mengandung kalori dalam jumlah tinggi dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Kalori dalam buah kurma hampir mirip dengan kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori kurma berasal dari karbohidrat. Kurma juga mengandung protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Karena mengandung kalori dalam jumlah tinggi, disarankan untuk tidak makan kurma secara berlebihan. Cukup konsumsi 3-7 butir kurma dalam satu hari.

Manfaat kurmaManfaat konsumsi kurma Foto: iStock

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kurma memiliki serat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus menjaga saluran cerna. Dalam 100 gram buah kurma mengandung 8 gram serat. Jika dikonsumsi secara konsisten setiap hari maka kamu bisa terhindar dari sembelit.

Sama halnya seperti serat pada sayuran dan buah, serat kurma juga dapat mencegah konstipasi. Kurma membuat gerakan usus besar lebih teratur dan stabil. Serat ini juga membuat perut merasa kenyang, oleh karenanya tak heran kalau makan tiga butir kurma saja sudah langsung membuat kenyang.

3. Mencegah berbagai penyakit

Kandungan antioksidan dalam kurma mampu mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, stroke hingga Alzheimer. Tentu konsumsi kurma ini harus diimbangi dengan pola makan dan hidup yang sehat.

Rasa kurma yang manis pun aman dikonsumsi para penderita diabetes asalkan dengan porsi sesuai. Kandungan fruktosa dalam kurma tidak membuat lonjakan gula darah yang drastis. Justru kurma mampu menjaga stabilitas gula darah.

Seperti halnya madu, kurma juga sering dijadikan pengganti gula pasir untuk membuat makanan maupun minuman terasa manis. Kini bahkan ada kurma yang diolah menjadi gula sehingga bisa ditambahkan dalam teh maupun kopi.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com