Penderita Diare Bisa Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Cepat Sembuh

ADVERTISEMENT

Penderita Diare Bisa Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Cepat Sembuh

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 19 Okt 2022 07:00 WIB
Makanan untuk diare yang baik dikonsumsi
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Diare membuat penderitanya buang air besar dengan kondisi tinja yang encer. Untuk menyembuhkannya, ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi penderita diare. Seperti telur dan sayuran rebus.

Diare merupakan penyakit yang membuat penderitanya sering buang air besar, namun kondisi tinja atau fesesnya cair. Kondisi ini membuat mereka yang mengalaminya menjadi lemas dan kekurangan cairan, bahkan bisa membuat dehidrasi dan demam.

Saat diare, ada beberapa pantangan makanan. Seperti tidak boleh mengonsumsi makanan pedas, produk susu, makanan yang mengandung lemak tinggi, hingga yang mengandung gas.

Dilansir dari Insider (11/5), Deepti Mundkur seorang dokter perawatan primer di San Diego, Amerika, merekomendasikan 5 makanan yang aman dikonsumsi penderita diare. Ada sayuran rebus, telur, dan daging ayam.

Baca Juga: Hati-Hati! 5 Kebiasaan Ngemil Ini Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Berikut 5 makanan yang baik dikonsumsi penderita diare:

1. Makanan Rendah Serat

Makanan untuk diare yang baik dikonsumsiMakanan untuk diare yang baik dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto/

Serat biasanya dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Namun, makanan tinggi serat dilarang untuk dikonsumsi saat sedang menderita diare.

Karena, serat adalah nutrisi penting yang dapat menambah jumlah tinja dan membuat buang air besar secara teratur. Oleh karenanya, mengonsumsi makanan rendah serat dianjurkan agar frekuensi buang air besar berkurang.

Mundkur merekomendasikan beberapa makanan rendah serat yang bisa dikonsumsi. Seperti nasi, mie, roti, dan makanan lain yang mengandung gandum.

2. Sayur Rebus

Saat sedang diare jangan mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. Contohnya seperti sayuran mentah. Karena dapat menyebabkan timbulnya gas dan kembung, hasilnya memperparah diare.

Mundkur menjelaskan kalau saat diare sebaiknya mengonsumsi sayuran rebus. Seperti buncis, kentang, dan wortel yang direbus. Agar tidak hambar, kamu bisa menambahkan sedikit garam dan merica bubuk.

3. Sup dan Biskuit

Makanan untuk diare yang baik dikonsumsiMakanan untuk diare yang baik dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto/

Banyak orang mengatakan kalau makanan berkuah tak baik dikonsumsi saat sedang diare, namun Mundkur mengatakan hal sebaliknya. Ternyata, sup dapat membantu mengisi kembali cairan yang hilang karena diare. Sup juga dapat meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Kemudian, kamu juga bisa mengonsumsi biskuit atau cracker. Karena biasanya biskuit dan cracker memiliki kandungan garam yang tinggi. Diare dapat menyebabkan hilangnya banyak cairan dan elektrolit, yang merupakan mineral seperti natrium dan kalium. Jadi, mengonsumsi makanan asin dapat membantu memulihkannya.

Baca Juga: Nyeleneh! Wanita Ini Masak Telur Ceplok Pakai Tungku Lilin agar Hemat Gas

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT