ADVERTISEMENT

Kolesterol Naik? Jangan Panik, 5 Daun Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

Tim Detikfood - detikFood
Kamis, 01 Sep 2022 06:00 WIB
6 Manfaat Rebusan Daun Salam
Foto: iStock
Jakarta -

Kadar kolesterol tinggi bisa menjadi indikasi pemicu penyakit serius. Karenanya kendalikan kolesterol dengan 5 daun yang enak diminum atau dimakan ini.

Beberapa jenis sayur bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi dalam tubuh. Kolesterol bisa menjadi masalah jika memicu munculnya penyakit. Di satu sisi, tubuh juga membutuhkan kolesterol untuk berbagai fungsi.

Kadar kolesterol darah yang terlalu tinggi bisa berbahaya dan meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit atau komplikasi terkait jantung.

"Kami menemukan lebih banyak tentang apa yang mempengaruhi kadar kolesterol seseorang mulai dari genetika hingga pola makan hingga kebiasaan gaya hidup, dan menjadi lebih jelas bahwa genetika memainkan peran yang lebih besar dalam bagaimana tubuh memproses kolesterol dan risiko seseorang untuk kolesterol tinggi," kata ahli diet terdaftar Trista Best, di Balance One Suplemen dikutip dari Eat This.

Namun, ada beberapa kebiasaan diet yang dapat memperburuk atau menyebabkan kolesterol tinggi.

Diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lemak baik dapat membantu menurunkan apa yang kadang-kadang disebut 'kolesterol jahat' atau LDL.

Berikut beberapa jenis daun yang ampuh membantu menurunkan kolesterol tinggi:

1. Bayam

Daun bayam punya banyak vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Hal ini terutama untuk mengelola kesehatan jantung.

"Serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh. Hal ini karena serat dan kolesterol akan saling menempel, sehingga dikeluarkan dari tubuh secara alami dan sekaligus menurunkan kolesterol," kata Best.

Beberapa sayuran berserat tinggi sebaiknya dimasukkan dalam menu harian untuk menurunkan kolesterol antara lain bayam, wortel, dan berbagai sayuran hijau lainnya.

2. Daun teh hijau

Mengutip NDTV, teh hijau baik diminum rutin untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Teh hijau sarat dengan antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya yang membuatnya baik untuk kolesterol. Juga mengurangi risiko penyakit jantung dan untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Kamu bisa mengonsumsi dua cangkir teh hijau dalam sehari. Selain itu akan mendukung penurunan berat badan, fungsi otak yang lebih baik dan mengurangi risiko diabetes.

3. Daun Teh Oolong

Teh oolong baik untuk kesehatan jantung. Teh China ini mampu mengurangi risiko berkembangnya kadar kolesterol jahat.

Teh oolong juga membantu dalam pengelolaan kadar gula darah. Faktor-faktor ini juga mengurangi risiko penyakit jantung.

seduh teh hitam dengan pociTeh hitam untuk turunkan kolesterol. Foto: iStock/detikFood

4. Daun teh hitam

Daun untuk menurunkan kolesterol tinggi yang lain adalah daun teh hitam. Teh hitam menurunkan kadar kolesterol jahat. Teh hitam juga akan mengontrol kadar gula darah, mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kesehatan usus.

5. Daun salam

Daun salam yang dibikin sebagai teh atau dicampur sebagai bumbu makanan juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Cukup rebus beberapa lembar daun salam dengan air secukupnya selama beberapa menit. Nikmati dingin atau hangat sebagai minuman.

Info selengkapnya bisa di lihat di SINI !



Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Minum Che Hun Tiau di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT