ADVERTISEMENT

Rutin Makan Wortel Ampuh Singkirkan Kolesterol Jahat, Ini Kata Pakar

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 20 Mei 2022 14:00 WIB
Wortel untuk Kolesterol
Foto: iStock
Jakarta -

Selain bagus untuk kesehatan mata, konsumsi wortel juga bermanfaat untuk penderita kolesterol tinggi. Pakar menyebut makan wortel bisa bantu singkirkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kolesterol tinggi adalah kondisi kesehatan berbahaya yang dialami banyak orang. Kondisi ini merujuk pada tingginya kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) atau sering disebut kolesterol jahat dalam tubuh.

LDL merupakan salah satu penyebab utama pembentukan ateroma, pemicu penyakit jantung yang berkaitan dengan pengerasan pembuluh darah. Kondisi tingginya LDL perlu diwaspadai sedini mungkin.

Kolesterol jahat bisa disingkirkan dengan berbagai cara, termasuk mengatur pola makan. Ada sebuah jenis sayuran yang disebut pakar kesehatan ampuh menyingkirkan LDL dalam tubuh.

Wortel untuk KolesterolKolesterol jahat bisa disingkirkan dengan berbagai cara, termasuk mengatur pola makan. Ada sebuah jenis sayuran yang disebut pakar kesehatan ampuh menyingkirkan LDL dalam tubuh. Foto: iStock

Ahli gizi Lisa Young melalui Finally Full, Finally Slim mengatakan, "Wortel secara alami mampu mengurangi dan mengatur kadar kolesterol jahat dalam tubuh." Hal ini lantaran kandungan mineral, vitamin, serat larut, hingga antioksidan di dalamnya.

Baca Juga: Kata Ahli Gizi 7 Makanan Karbohidrat Ini Bagus untuk Turunkan Kolesterol

Mengutip Times of India (16/5), pakar kesehatan menekankan kehadiran vitamin A dan beta karoten, antioksidan dalam wortel, bisa membantu melindungi seseorang dari risiko penyakit jantung kronis. Antioksidan punya peran penting dalam meregenerasi sel dan mengurangi dampak kerusakannya akibat radikal bebas.

Laporan dalam jurnal Nutrient States juga mengungkap kehebatan wortel. Dipenuhi dengan serat larut dan tak larut, konsumsi wortel bisa mengurangi kadar kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah, sekaligus mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Wortel bisa diolah menjadi ragam sajian enak. Mulai dari dijus dengan tambahan perasan lemon agar bau langunya berkurang, dijadikan isian sayur sup, hingga direbus jadi camilan 'carrot sticks'.

Wortel untuk KolesterolWortel bisa diolah menjadi ragam sajian enak. Mulai dari dijus, dijadikan isian sayur sup, hingga direbus jadi camilan 'carrot sticks'. Foto: iStock

Khusus untuk jus wortel, sebuah studi juga menunjukkan bahwa minum secangkir jus wortel secara rutin selama tiga minggu mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini diungkap peneliti melalui farmwisefood.com (05/02/2019).

Wortel untuk KolesterolSebuah studi juga menunjukkan bahwa minum secangkir jus wortel secara rutin selama tiga minggu mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Foto: iStock

Selain wortel, buah apel dan alpukat juga disebut peneliti mengandung zat alami yang berfungsi sebagai penurun kolesterol. Kamu bisa mengonsumsinya rutin dalam menu sehari-hari.

Pada apel, misalnya, pektin atau serat larut di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) dengan cara menyerap kolesterol dalam darah dan membantu mengeluarkannya melalui saluran pencernaan. Semakin banyak apel yang dikonsumsi maka semakin banyak serat yang memberi efek positif.

Lalu pada alpukat, lemak sehat di dalamnya menggantikan lemak yang tidak sehat. Kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalam alpukat bisa mengurangi kolesterol jahat di dalam darah.

Baca Juga: Penelitian Ungkap 2 Buah Ini Ampuh Turunkan Kolesterol



Simak Video "Resep Jus Wortel hingga Ceker Mercon Paling Dicari Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT