Apakah Makan Pisang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol?

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 16 Mei 2022 08:00 WIB
Pisang
Foto: iStock
Jakarta -

Pisang merupakan buah dengan kandungan serat yang tinggi terutama serat larutnya. Karena itu disebut pisang mampu menurunkan kolesterol.

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang terkenal karena tinggi kandungan nutrisinya. Karenanya pisang sering dipilih sebagai bagian menu sarapan sehat. Karena kandungan seratnya juga tinggi, pisang juga bisa mengendalikan kolesterol darah.

Dilansir dari livestrong.com (28/01/2020), kolesterol adalah zat lilin yang dibuat oleh hati. Berlawanan dengan anggapan populer saat ini, sebenarnya kolesterol justru menjadi penting dalam membantu mensintesis hormon dan mencerna makanan berlemak.

Yang menjadi buruk sebenarnya bukan kolesterol itu sendiri, tetapi ketika ditemukan banyaknya kolesterol yang bersumber dari makanan yang kita konsumsi.

Terdapat beberapa jenis makanan yang akan menyebabkan kolesterol tinggi sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Lemak jenuh terutama hewani menjadi salah satu pemicu meningkatnya jenis kolesterol berbahaya yang biasa disebut dengan low-density lipoprotein atau LDL.

PisangPisang merupakan salah satu buah tropis yang terkenal karena tinggi kandungan nutrisinya. Karenanya pisang sering dipilih sebagai bagian menu sarapan sehat Foto: iStock

Karenanya konsumsi makanan yang memicu kolesterol LDL tinggi harus dikurangi untuk mencegah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri.

Mengonsumsi makanan yang memiliki lemak sehat dan serat larut merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memecah kolesterol LDL. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat larut tinggi akan menurunkan kolesterol jahat.

Salah satu buah yang mengandung serat larut yang tinggi ialah pisang. Pisang memang tidak memiliki kolesterol namun terdapat dua bagian serat yang terkandung yaitu serat larut dan serat tidak larut. Kedua serat ini memang sulit untuk dicerna.

Namun justru serat ini akan membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh terutama serat tidak larut. Ketika serat tidak larut bersentuhan dengan cairan maka akan menjadi kental yang kemudian mengikat kolesterol untuk membawanya keluar tubuh.

Karenanya mengonsumsi pisang yang berserat tinggi akan mampu meningkatkan kadar kolesterol sehat. Asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya yaitu 5 hingga 10 gram. Sedangkan tiap satu buah pisang mengandung 2.6 gram serat.

Untuk mendapatkan asupan serat yang lebih sehingga mampu menciptakan kadar kolesterol yang lebih sehat, makan satu buah pisang tidaklah cukup. Selain memakan pisang, bisa juga mengonsumsi satu mangkuk oatmeal. Campuran oatmeal dengan pisang setidaknya akan menghasilkan total lebih dari 2 gram serat.

PisangUntuk mendapatkan asupan serat yang lebih, makan satu buah pisang tidaklah cukup.Campuran oatmeal dengan pisang setidaknya akan menghasilkan total lebih dari 2 gram serat Foto: iStock

Selain konsumsi pisang, banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah kolesterol sehat seperti makan makanan yang lebih sehat, berolahraga, dan berhenti merokok. Selain itu hindari konsumsi beberapa makanan yang memiliki lemak jenuh seperti es krim, keju, dan mentega.

Seperti diketahui kadar kolesterol yang normal pada orang dewasa yaitu kurang dari 200 mg per desiliter (mg/dl). Total kolesterol di atas 200-239 mg/dl adalah batas tingginya.

Untuk kadar kolesterol LDL sebaiknya kurang dari 100 mg/dL. Dengan angka 130-159 mg/dL sebagai batas tingginya. Sementara kadar HDL, sebaiknya berada pada angka di atas 60 mg/dL.



Simak Video "Laris Manis Madumongso Pisang dari Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)