ADVERTISEMENT

Rutin Minum Teh Hijau Terbukti Ampuh Turunkan Kolesterol

Devi Setya - detikFood
Minggu, 24 Apr 2022 05:00 WIB
tea cup with tea leaves
Foto: Getty Images/iStockphoto/KMNPhoto
Jakarta -

Minum secangkir teh bukan hanya bisa menenangkan pikiran dan membuat tubuh jadi rileks. Teh juga terbukti ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk membuktikan manfaat teh untuk kesehatan. Termasuk konsumsi teh berfungsi mengontrol kolesterol dalam tubuh serta membantu menurunkan kolesterol jahat.'

Dilansir dari Verywell Health (23/4) ada berbagai jenis teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis dan dikategorikan dalam berbagai jenis yakni teh hijau, teh hitam, teh oolong, teh putih dan teh herbal. Setiap jenis teh ini memiliki karakter berbeda dan juga punya khasiat masing-masing.

Glass cup with fresh green tea and mint.Secangkir teh hijau Foto: Getty Images/iStockphoto/DevMarya

Dari semua jenis teh ini, teh hijau adalah yang paling terkenal karena sudah digunakan sebagai obat herbal sejak ratusan tahun lalu. Dalam pengobatan kuno, teh hijau membantu proses penyembuhan penyakit termasuk pendarahan hingga masalah pencernaan.

Teh hijau berbeda dengan jenis teh lainnya karena lebih sedikit mengalami proses pengolahan. Teh hijau tidak mengalami proses fermentasi seperti teh lainnya, sehingga kandungan antioksidannya masih sangat tinggi.

Antioksidan ini termasuk jenis katekin yang dikenal dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mencegah kanker, menjaga kesehatan mulut, meredakan rheumatoid arthritis, dan punya sifat antibakteri. Teh hijau juga terkenal dengan khasiatnya menurunkan kolesterol.

Banyak penelitian yang mengungkap khasiat teh hijau dalam menurunkan kolesterol. Caranya dengan meningkatkan aktivitas reseptor LDL di dalam hati, mencegah penyerapan kolesterol dalam usus, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2003 meneliti efek penurunan kolesterol dari 375 mg ekstrak katekin pada 240 pria dan wanita dengan kolesterol tinggi pada diet rendah lemak. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak katekin menurunkan kolesterol total sebesar 11,3 persen, kolesterol LDL sebesar 16,4 persen, trigliserida sebesar 3,5 persen, dan meningkatkan HDL sebesar 2,3 persen.


Ekstrak katekin yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari teh hijau. Dan juga ada tambahan polifenol dari jenis teh lainnya. Dalam penelitian ini terbukti teh hijau dan jenis teh lain bisa menurunkan kolesterol namun dalam jumlah banyak.

Artinya jika mau menurunkan kadar kolesterol maka kamu disarankan untuk minum teh hijau dalam waktu konsisten agar hasilnya dapat terlihat dan terbukti.

Meskipun hasil penelitian menunjukkan efek positif tetapi perlu juga diimbangi dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Hindari makanan berlemak, berhenti merokok dan lakukan olahraga fisik.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT