Kata Ahli Gizi 7 Makanan Karbohidrat Ini Bagus untuk Turunkan Kolesterol

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 26 Mar 2022 10:00 WIB
Kadar kolesterol
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menurunkan kolesterol tinggi ada triknya. Untuk asupan karbohidrat, 7 makanan ini direkomendasikan ahli gizi untuk menjaga kadar kolesterol. Mulai dari kentang hingga kacang, ini daftarnya.

Penyakit kolesterol tinggi dialami banyak orang. Tak boleh disepelekan, kadar kolesterol dalam tubuh memang perlu dikendalikan agar tak menyebabkan penyakit yang lebih serius.

Untuk kamu yang mau menurunkan kadar kolesterol, ada beberapa makanan yang bagus dikonsumsi. Ahli gizi menyarankan makanan karbohidrat termasuk di antaranya.

Karbohidrat yang dimaksud tentu saja yang sehat yaitu karbohidrat kompleks, bukan karbohidrat olahan. Makanan ini juga mengandung nutrisi penting untuk bantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Fungsi lainnya, nutrisi dalam makanan karbohidrat itu sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dan mendukung kesehatan secara umum. Pilihannya beragam dan enak-enak lho!

Mengutip Eating Well (23/3/2022), ini 7 makanan karbohidrat yang bagus untuk turunkan kolesterol:

1. Manisan buah plum

Manisan buah plum atau populer disebut prunes bisa jadi ide camilan sehat untuk menurunkan kolesterol. Prunes mengandung antioksidan, serat, potassium, dan magnesium. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat konsumsi prunes untuk kesehatan kolesterol.

Salah satunya diungkap dalam Journal of Medicinal Food. Penelitian pada wanita postmenopause ini menemukan bahwa mereka yang makan 5-6 prunes tiap hari selama 6 bulan, memiliki kesehatan kardiovaskular yang lebih baik. Dampaknya total kolesterol jahat dalam tubuh berkurang.

2. Oat

Oatmeal Porridge With Blueberries, Almonds In Bowl. Top View Copy Space For Text. Healthy Eating, Healthy Lifestyle, Eating Good Food ConceptOatmeal mengandung serat yang bisa mengikat kolesterol buruk dalam tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt

Oat kerap dipilih sebagai menu sarapan. Ternyata makanan berbahan gandum utuh ini juga bermanfaat menurunkan kolesterol. Oat mengandung serat beta-glukan yang menyehatkan. Jenis serat ini mengikat kolesterol buruk dalam tubuh dan membantu menghilangkannya sebelum diserap.

Dalam sebuah meta-analisis yang mengevaluasi 28 studi, hasilnya menunjukkan bahwa menambahkan setidaknya 3 gram oat beta-glukan per hari dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh sebesar 10 mg/dL. Kamu bisa menikmati oat dengan taburan kayu manis atau buah segar agar lebih enak.

3. Kentang

Makanan karbohidrat lain yang bagus untuk menurunkan kolesterol adalah kentang. Umbian ini mengandung serat larut yang bisa mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Untuk pilihan terbaik, kamu bisa mengonsumsi kentang ungu yang mengandung antioksidan antosianin polifenol. Penelitian membuktikan jenis kentang ini bisa menawarkan manfaat tambahan untuk menurunkan kolesterol. Pastikan mengolah kentang dengan cara lebih sehat seperti dipanggang atau direbus, jangan digoreng.

4. Apel

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.Kulit apel mengandung pektin yang juga bisa mencegah penyerapan kolesterol buruk ke dalam darah. Foto: iStock

Ungkapan makan satu apel tiap hari bisa menjauhkan diri kamu dari dokter ternyata benar untuk urusan menurunkan kolesterol. Apel adalah sumber alami dari berbagai jenis serat dan polifenol, faktor yang secara alami mendukung kesehatan jantung.

Kulit apel juga mengandung pektin yang menyehatkan jantung. Jenis serat ini juga bisa bantu mencegah penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Bonus lainnya, apel bebas sodium dan lemak jenuh. Rasa manisnya enak dan alami.

Di halaman selanjutnya masih ada informasi makanan karbohidrat untuk turunkan kolesterol.