Ini 6 Makanan yang Bisa Bikin Jantung Sehat yang Dianjurkan Ahli

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 02 Mar 2022 06:00 WIB
Makanan untuk Menyehatkan Jantung
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Sebagai organ terpenting dalam tubuh, jantung harus selalu dijaga kesehatannya. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari sayuran hingga ikan.

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia. Karena jantung memiliki peran untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan dari paru-paru.

Jantung juga berperan dalam menyediakan dan mengalirkan oksigen darah ke seluruh tubuh. Itu mengapa kesehatan jantung sangat penting bagi manusia.

Jika kesehatan jantung terganggu dapat menyebabkan beragam penyakit kronis. Seperti gagal jantung, stroke, hingga kematian. Oleh karenanya perbaiki pola hidup menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Dapur Chef Arnold yang Simpel Elegan, Ada Tempat Khusus Buat Simpan Pisau

Dilansir dari Eat This (22/2), salah satu cara yang paling mudah melalui konsumsi makanan sehat. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi sayuran hijau berdaun, ikan dengan kandungan lemak sehat, hingga mengganti minyak dengan pilihan lebih sehat.

AHA menjelaskan bahwa rekomendasi pola makan ini tak hanya menyehatkan jantung, juga masalah kesehatan lainnya. Seperti menurunkan kadar kolesterol jahat dan gula darah.

Berikut 6 makanan yang baik untuk kesehatan jantung menurut AHA.

1. Sayuran Berdaun

Makanan untuk Menyehatkan JantungMakanan untuk Menyehatkan Jantung Foto: Getty Images/iStockphoto/

Sayuran ada banyak ragamnya, ada yang berdaun maupun tidak. AHA menyebutkan kalau sayuran berdaun paling sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Pilih sayuran berdaun hijau dengan warna yang pekat. Seperti bayam, kale,dan lainnya. Karena lebih banyak mengandung nutrisi penting. Sayuran tak berdaun seperti brokoli juga baik dikonsumsi karena warnanya yang hijau pekat.

2. Buah Berwarna Gelap

Tak hanya sayuran berwarna gelap (berdaun) saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi. AHA juga menyebutkan buah berwarna gelap dapat menyehatkan jantung.

Di antaranya seperti buah delima, stroberi, blueberry, dan lainnya. Konsumsi buah-buah ini dalam kondisi segar agar manfaatnya terasa optimal.

Baca Juga: Kena Orderan Fiktif Makanan, Wanita Ini Dihampiri 13 Driver Ojol Sekaligus

3. Ikan

Makanan rendah lemak jahat (lemak trans) sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Salah satunya adalah ikan yang diketahui mengandung lemak sehat berupa asam lemak omega-3.

AHA menganjurkan kalau sebaiknya ikan dikonsumsi minimal 2 kali dalam seminggu. Selain menyehatkan jantung, mengonsumsi ikan dengan kandungan lemak sehat juga dapat menurunkan risiko stroke.



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]