ADVERTISEMENT

50 Resep & Tip Olahan Daging Kurban

5 Tips Makan Daging Agar Kolesterol Darah Tak Melonjak

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 11 Jul 2022 13:00 WIB
Olahan daging kurban
Foto: iStock/detikvisual
Jakarta -

Saat merayakan Idul Adha, pasti banyak orang makan daging olahan bumbu bersantan. Agar kolesterol darah tak melonjak, ikuti tips makan daging ini.

Karena stok daging kurban umumnya berlimpah, maka banyak orang yang memasak daging sapi dan kambing bersamaan dalam jumlah besar. Konsumsi daging pun menjadi lebih banyak.

Olahan daging sapi dan kambing dengan berbagai bumbu membuat rasanya makin lezat. Hal ini membuat banyak orang jadi kalap dan mengonsumsi berlebihan.

Asupan daging berlebihan bisa membuat kadar kolesterol darah naik, tekanan darah tinggi hingga efek samping lainnya. Agar tetap sehat, konsumsi olahan daging sapi dan kambing dengan cara tepat.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut adalah 5 cara makan sehat ketika Idul Adha yang bisa mencegah terjadinya lonjakan kadar kolesterol.

1. Pilihlah Bagian Daging Tanpa Lemak

Tips sehat makan daging idul adhaSebelum mengolahnya, sebaiknya untuk memilih daging tanpa lemak atau daging dengan sedikit lemak. Foto: Getty Images

Setiap bagian dari daging sapi memiliki kandungan lemak yang berbeda-beda. Ada beberapa bagian yang memiliki kandungan lemak tinggi, namun ada pula yang punya lebih sedikit lemak.

Sebelum mengolahnya, sebaiknya untuk memilih daging tanpa lemak atau daging dengan sedikit lemak. Ini dilakukan agar tubuh bisa mendapatkan asupan protein yang cukup sekaligus menjaga tak mengasup lemak berlebihan.

Bagian daging yang memiliki rendah lemak biasanya terdapat pada bagian has dalam, has luar, bagian tulang T atau T-bone, serta bagian leher atau pundak sapi.

Jika tidak hafal dengan bagian-bagian sapi, bisa dengan memperhatikan serat atau garis-garis putih yang ada pada daging tersebut. Bagian putih lemak pada daging biasa disebut marbling. Semakin banyak marbling berarti semakin tinggi pula lemaknya.

Untuk memperkaya rasa daging tanpa lemak, bisa dibuat jadi sop atau asem-asem daging, ditumis dengan sayuran ataupun diungkep dengan bumbu tambahan.

Baca Juga : Resep Tumis Daging Brokoli Pedas, Lauk Enak untuk Nasi Putih

2. Olah Daging Lebih Sehat

Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika mengolah daging masakan yaitu dengan membuatnya lebih sehat. Daging bisa dimasak dengan bumbu-bumbu rempah yang menyehatkan dan hindari mengolah daging dengan santan.

Ada Banyak menu daging yang bisa diolah tanpa menggunakan santan seperti dendeng manis, rawon, hingga soto.
Daging juga bisa dibakar menjadi sate atau dibuat daging panggang berempah ala Timur Tengah.



Simak Video "Jajal Kuliner ala Timur Tengah, Rempahnya Nendang!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT